Peristiwa

Aksi Nekad Anak Dibawah Umur di Toraja Saat Berkendara ini, Bikin Geleng Kepala

TORAJADAILY.COM, RANTEPAO – Dalam sepekan ini Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Tana Toraja menggelar operasi keselamatan 2018. Operasi ini mengutamakan keselamatan para pengedara atau disebut juga operasi kemanusiaan.

Disela-sela operasi keselamatan yang digelar di sekitar Kandean Dulang, Rantepao pada Jumat (9/3), petugas dikagetkan dengan dengan aksi tiga orang anak dibawah umur.

Bagaimana tidak, ketiga anak yang masih berstatus pelajar malah nekad melintas mengendarai sepeda motor tanpa mempedulikan keselamantannya. Selain berbonceng tiga tanpa menggunakan Helm, saat diperiksa petugas mendapati kendaraan yang dikendarai juga tanpa surat kelengkapan.

Mendapati itu, Kasatgasres III Iptu Jatmika yang memimpin jalannya operasi tersebut kemudian memberikan nasehat kepada ketiga pelajar untuk tidak mengulangi perbuatannya sebab sangat membahayakan keselamatan jiwanya.

Operasi di hari kelima ini sendiri petugas mendapati sebanyak 80 pengendara yang tidak taat berlalu lintas. Selama operasi petugas memprioritaskan pelanggaran pada pengendara yang tidak menggunakan helm standar SNI dan sabuk pengaman, melawan arus, knalpot racing. Selain itu, berboncengan lebih dari 1 orang serta berkendara saat mabuk.

Operasi Keselamatan yang rencananya akan digelar pada 25 Maret mendatang ini bertujuan meningkatkan kesadaran dan keoatuhan masyarakat teehadap UU No. 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan (LLAJ). Selama pelaksanaan operasi Satlantas polres Tana Toraja semaksimal mungkin melakukan pendekatan guna menumbuhkan kesadaran masyarakat akan keamanan berlalu lintas.

Polres Tana Toraja juga turut mengimbau kepada orang tua agar tidak henti melakukan pengawasan terhadap anaknya. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Trending

To Top