Connect with us
alterntif text

Pilkada

Ayo Jadi Agen Perubahan Tallu Batu Lalikan Tolak Politik Uang Demi Toraja Lebih Baik

Published

on

Pdt Alfred Anggui dan Pastor Albert Antonius Arina
alterntif text

TODAY, MAKALE – Tallu Batu Lalikan merupakan gerakan moral menolak praktik politik uang atau money politik demi melihat Toraja yang lebih baik kedepan.

Tak hanya sekedar dideklarasikan saja, slogan ini pun kini mulai bergerak dengan menyusun langkah strategis, salah satunya agenda perekrutan Relawan yang disebut agen perubahan.

“Kita akan rekrut 1000 relawan, mulai dibuka pada Rabu tanggal 18 September 2019. Pendaftaran relawan dilakukan di dua tempat, Gereja katolik Makale dan BPS Rantepao,” ujar Koordinator Tallu Batu Lalikan Pdt Alfred Anggui kepada sejumlah awak media di Gereja Katolik Hati Tak Bernoda Santa Perawan Maria Makale, Kamis (12/9).

Dijelaskan Anggui, relawan yang akan direkrut nantinya memiliki tanggung jawab melalukan sosialisasi guna membangun kesadaran kolektif masyarakat akan bahaya dan dampak politik uang.

Selain itu, lanjut Anggui agen perubahan ditugaskan menjadi pemantau dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Lembang dan Kepala Daerah tahun 2020 mendatang.


“Sebelum diterjunkan ke lapangan seluruh agen perubahan akan mengikuti pelatihan dan pendidikan.
Dibuka untuk semua kalangan,” jelas Dia.

Sementara itu, Sekretaris Tallu Batu Lalikan, Pastor Albert Antonius Arina menjelaskan, bahwa gerakan yang digelorakan ini mendahulukan pendekatan kultur, yang dimaksudkan untuk mengembalikan jati diri masyarakat Toraja.

Kata Dia, sepanjang perhelatan pemilihan, money politik begitu kental dan jelas terlihat didepan mata, maka kekuatan moral sudah saatnya disuarakan.

“Syukurlah sudah muncul (sebagian) kesadaran masyarakat, jika ini sudah terbangun (tolak money politik) akan menjadi sumbangan Toraja untuk Indonesia. Kita ingin kembalikan kearifan lokal kita, kita sudah melenceng dari kehidupan yang baik,” ujar Albert.

Gerakan Tallu Batu Lalikan ini sendiri berangkat dari keprihatinan masyarakat dengan merajelalanya praktik money politik. Gerakan Tallu Batu Lalikan melibatkan Pimpinan Agama, Tokoh Adat juga dan sejumlah tokoh masyarakat baik dari luar maupun di Toraja sendiri. (Atj)


Advertisement
alterntif text
1 Comment

1 Comment

  1. dig this

    September 17, 2019 at 2:11 am

    I just want to tell you that I’m all new to blogs and absolutely savored you’re web site. Very likely I’m planning to bookmark your blog post . You amazingly have fantastic well written articles. Kudos for sharing with us your web page.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


alterntif text

Advertisement
Advertisement

Facebook

Trending