Connect with us
alterntif text

Pemerintahan

BBK Berganti Nama Jadi Toraja Airport, Jokowi Dapat Gelar Adat

Published

on


TODAY, MENGKENDEK – Hasil rapat tokoh adat dari 19 Kecamatan se-Tana Toraja menyepakati BBK berganti nama menjadi Toraja Airport.

Dalam rapat atau kombongan yang digelar Pemkab Tana Toraja di Sahid Hotel, Mengkendek, Kamis (22/5) masing-masing tokoh adat mengusul nama.

Namun, setelah dirembukkan akhirnya para tokoh adat menyepakati nama Toraja Airport sebab merujuk kearifan lokal Toraja.

“Iya disepakati nama Toraja Airport,” ucap Kejari Tana Toraja Jefri P. Makapedua kepada torajadaily usai menghadiri rapat.

Sebelumnya dalam rapat Bapemperda DPRD Tana Toraja dengan UPBU Bandara Pongtiku, mencuat dua nama yaitu, Toraja International Airport dan Toraja Airport.


Selain mengganti nama, dalam rapat juga disepakati gelar adat untuk Presiden Jokowi, yang diagendakan akan meresmikan Toraja Airport.

Adapun gelar adat yang diberikan yakni Turiganna Gayanglangi Tarapangna To Palulungan Sangulele.

Gelar ini bermakna Pemimpin yang dianugrahi Tuhan, bijak, berhidmat, tegas, adil, dan pengayom masyarakat, dalam kesatuan Tepublik Indonesia.

“Nama dan gelar adat sudah disepakati selanjutnya diajukan ke DPRD Tana Toraja mendapatkan persetujuan,” kata Wabup Tana Toraja Victor Datuan Batara kepada awak media.

Rapat adat juga dihadiri oleh Forkopimda antara lain Ketua DPRD Welem Sambolangi, Kajari Jefri P. Makapedua, Dandim Letkol Czi Saenal Arifin dan Ketua Pengadilan Negeri (PN) Timotius Djemey, serta Kapolres AKBP Lilik Tribhawono. (*)

Trending