torajadaily.com

Pariwisata

BE Kraf Akan ‘Sulap’ Tongkonan Toraja Jadi Pusat Homestay

TORAJADAILY.COM, SESEAN – Lembang Balandong di Kabupaten Toraja Utara menjadi lembang percontohan pemberdayaan ekonomi rakyat oleh Badan Ekonomi Kreatif (BE KRAF ) Indonesia bersama dengan Inovatif dan Kreatif melalui Kolaborasi Nusantara (IKKON).

Dipilihnya lembang Balandong sebagai pusat studi pengembangan masyarakat didasari oleh ketertarikan BE KRAF dan IKKON pada sumber daya alam di toraja yang belum dikembangkan oleh masyarakat.

Mengusung tema Toraja Coffee Experience, masyarakat lembang Balandong dibekali mulai dari cara pembibitan kopi, panen kopi secara langsung dan disertai proses pengolahan biji kopi menjadi serbuk kopi siap saji.

“Menyajikan mulai dari proses teori dan praktek nyata cara mengolah sumber daya alam menjadi sesuatu dengan nilai jual yang tinggi,” ujar Gusti M. Hamdan selaku Manajer Lapangan Be Kraf, Kamis, 19 Oktober 2017.

Dipaparkan Gusti selain komoditi kopi, Rumah Tongkonan dapat juga dijadikan sebagai Homestay untuk para wisatawan. Interior dan Isi rumah Tongkonan dapat ditata dengan menampilkan karya masyarakat lokal seperti Kopi, Sofa, Tikar gulung yang dipamerkan dengan kemasan menarik.

“Rumah Tongkonan dapat menjadi pusat penginapan atau homestay untuk para wisatawan. Itu salah satu target team,” kata Dia.

Lebih jauh diurai Gusti, hadirnya Pemerintah dalam pengembangan masyarakat lokal ini, BE KRAF bersama IKKON akan dapat memasarkan hasil karya petani dan pengrajin ke pasar nasional bahkan international. Tentu, dengan melibatkan komunitas lokal.

Pada kesempatan itu, tim BE Kraf dan IKKON sekaligus launching tema Toraja Coffee Experience Toraja.

Masyarakat pun berharap hal ini akan terus berlanjut secara berkesinambungan agar petani dan masyarakat memiliki lahan pekerjaan yang pasti. (Ima)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top