Connect with us

Pemerintahan

Begini Cara Pemkab Tana Toraja Atasi Sampah Jelang Libur Nataru

Published

on

Foto: Dok Sampah di Tondon Mamullu

TODAY, MAKALE – Menjelang libur panjang Hari Natal dan Tahun Baru (Nataru) volume sampah diprediksi akan meningkat di Makale, Tana Toraja.

Menghadapi hal tersebut Pemkab Tana Toraja melalui Dinas PU telah mengambil langkah antisipasi.

“Volume sampah meningkat pada bulan Desember dan Januari mendatang. Jadi petugas kebersihan kita sudah bekerja (angkut sampah) mulai pukul 05.00 wita setiap hari,” kata Kepala Dinas PUPR Tana Toraja Kaboel.

Tak dipungkiri dalam beberapa tahun terakhir persoalan sampah kerap menuai sorotan masyarakat, lantaran lambat diangkut hingga menumpuk di bak sampah. Parahnya, bak sampah itu terletak di jalan poros hingga meresahkan masyarakat dan mengurangi keindahan Tana Toraja yang merupakan daerah tujuan wisata.

Dijelaskan Kabul, soal pengangkutan sampah pihaknya telah menetapkan skema 12 rute. Dimana, setiap rute didukung dengan satu armada truk pengangkut sampah.

“Dalam pertemuan saya sudah warning (seluruh petugas), saya tidak mau seperti tahun-tahun sebelumnya, kita disoroti masyarakat,” ujarnya.

Idealnya, lanjut Kabul warga yang akan membuang sampah sebaiknya dilakukan pada malam hari. “Jadi pada siang hari tak ada sampah di bak sampah karena paginya sudah diangkat. Tinggal disesuaikan waktunya,” imbuhnya.

Selain itu, ia juga berharap kerja sama pemerintah tingkat kelurahan agar mensosialisasikan kepada warganya tentang waktu membuang sampah ke bak sampah.

Diketahui saat ini Pemkab Tana Toraja memiliki 118 petugas kebersihan, sementara armada pengangkut sampah 15 unit. (Atjong)

Trending