Galery

Begini Tradisi Warga Toraja Jelang Pergantian Tahun

TORAJADAILY.COM, SANGALLA –Jelang pergantian tahun, bagi warga Toraja digunakan untuk mengunjungi makam keluarga. Bukan sekedar mengunjungi, warga setempat juga melakukan pembersihan makam.

Salah satu pemakaman yang rame dikunjungi warga yakni berada di Sangalla jelang pergantian tahun. Sedari pagi, warga sudah berbondong-bondong memenuhi makam.

Salah satunya, dilakukan Ambe’ Linggi’ warga Makale. Ia membersihkan kuburan mediang ayahnya yang berada di Sangalla.

“Sudah menjadi tradisi. Tiap mau tahun baru saya pasti kesini,” kata Ambe Linggi saat ditemui di pemakaman,” Minggu, 31/12/2017.

Selain membersihkan makam, Ia tak lupa membawa beberapa perlengkapan lainnya seperti sirih pun rokok yang ditaburi gula pasir. “Itu prosesi pelengkap saat akan meninggalkan makam,” jelasnya.

Di pemakaman Nasrani ada juga Indo’ Lia. Ia membersihkan makam ayahnya yang meninggal pada 58 tahun silam. Sama seperti Ambe’ Linggi’, bersih makam kata Indo’  Lia, sudah menjadi keharusan yang dilakukannya tiap tahun.

“Rasanya ada yang kurang jika tak di lakukan. Tradisi bersih makam ini sudah ada sejak dahulu kala, dijaga dengan baik oleh masyarakat Toraja untuk menghormati arwah leluhur,” tutur Indo’ Lia. (Ima)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top