Connect with us

Peristiwa

BPKP Sulsel Segera Ekspos Hasil Audit Kerugian Negara Dugaan Korupsi SIAK Tana Toraja

Published

on

Perwakilan Asintel Kejati Sulsel Menemui Massa Format
alterntif text

TODAY, MAKASSAR – BPKP Sulsel akan mengekspos hasil audit kerugian negara kasus dugaan Korupsi SIAK pada Disdukcapil Kabupaten Tana Toraja, pekan depan.

Hal tersebut diungkap oleh Forum Mahasiswa Toraja (Format) usai menemui Perwakilan Asintel Kejati Makassar, Irwan. S, saat berunjuk rasa di Kejati Sulsel, Kamis, 7 November 2019.

Lagi, Format Demo di Kejati Sulsel Soal Dugaan Korupsi SIAK Tana Toraja

Korlap aksi Yusmen P. Langi’, membeberkan hasil pertemuan dengan pihak Kejati, bahwa sebelumnya Kejari Tana Toraja telah menyurati dan meminta BPKP Sulsel untuk melakukan audit kerugian negara dan dipastikan pekan depan akan diadakan ekspos kasus tersebut di BPKP.


Lanjut Yusmen, ketika kejaksaan sudah meningkatkan status kasus korupsi ke tingkat penyidikan maka tidak ada kata mundur dalam penanganan kasus.

“Beliau (Irwan) juga tegaskan ketika kejaksaan Tana Toraja main-main dalam kasus ini, Kejati tidak segan-segan memberikan sanksi tegas dan melaporkan hal tersebut ke pimpinan,” bebernya.

Sebelumnya unjuk rasa Format mendesak Kejati mengambil alih penanganan kasus dugaan korupsi pembangunan dan pengoperasian SIAK yang telah dilaporkan sejak 2017 lalu.

Format juga mendesak Kejati segera memeriksa Bupati Tana Toraja, sebagai penanggung jawab aliran dana SIAK melalui SK Parsial yang dikeluarkan orang nomor satu di Tana Toraja itu.

Pasalnya, Kejari Tana Toraja dinilai tidak becus menuntaskan kasus tersebut, sebab hingga kini belum satupun yang dijadikan Tersangka.

Untuk diketahui Dana SIAK bersumber dari APBD Tana Toraja dan APBN Tahun Anggaran 2016 senilai 3.18 miliar.

Kasus ini menyeret ratusan orang, tak terkecuali Rohaniawan. (Atj)

alterntif text
Advertisement
Advertisement

Facebook

Trending