Connect with us

Pariwisata

Bupati Tana Toraja: Masyarakat Harus Mampu Puaskan Wisatawan

Published

on

TORAJADAILY.COM, MAKALE – Bupati Tana Toraja Nicodemus Biringkanae, menyatakan masyarakat harus siap menyambut kedatangan wisatawan yang berkunjung ke Tana Toraja. Kata Nico, kesiapan masyarakat menjadi penunjang kepuasan wisatawan baik Domestik maupun Luar Negeri.


“Ingin memperbanyak tamu dan wisatawan berkunjung ke sini (Toraja) masyarakat harus siap,” kata Nico dalam diskusi percepatan pembangunan pariwisata yang dilaksanakan di kantor bupati Tana Toraja, 15/12/2017.

Salah satu kesiapan yang dimaksud Nico, yakni masyarakat diminta harus bisa berkomunikasi dengan para wisatawan. Tak dipungkiri kesulitan berkomunikasi dengan wisatawan masih menjadi salah satu problem pengembangan pariwisata Taraja.

“Mengenali bahasa Inggris menjadi langkah awal yang dapat ditempuh. Ya, minimal bisa terjadi percakapan dasar saja kepada mereka (wisatawan).Problem ini harus segera diatasi,” jelasnya.

Demikian juga bagi pengelolah penginapan dan Hotel perlu menyediakan Pramusaji yang fasih berbahasa Inggris. Pramusaji dibekali pelatihan khusus untuk melayani tamu di hotel.

“Kearifan lokal akan mempererat silahturahmi masyarakat Toraja dengan wisatawan. Akan tetapi kesulitan berkomunikasi dengan wisatawan mancanegara dapat menjadi pengaruh yang besar bagi kepuasan,” kata Dia.

Diskusi percepatan pembangunan parawisata yag dilaksanakan Bappeda ini sendiri membangun kerjasama dengan Universitas Kristen Indonesia (UKI) Toraja dan Sekolah Tinggi Agama Kristen Negeri (STAKN).

Point utama yang akan dicapai dari diskusi ini adalah menggodok bagaiamana cara mendatangkan sebanyak-banyaknya wisatawan ke Toraja. (Ima)


Advertisement
Advertisement
alterntif text
Advertisement

Facebook

Trending