Connect with us
alterntif text

Pendidikan

Dari Program Kewirausahaan, Siswa SMAN 2 Toraja Utara Hasilkan Rp1,6 Juta Tiap Bulan

Published

on

TODAY, RANTEPAO – Sangat penting adanya pemberdayaan bagi peserta didik dengan menanamkan nilai-nilai Kewirausahaan. Hal tersebut bertujuan agar para siswa memiliki keterampilan dan kreatifitas agar dapat mandiri.


Hal ini sangat disadari SMAN 2 Toraja Utara. Sekolah yang mengusung Visi Misi “Unggul Prestasi Berkarakter Kreatif dan Inovatif” itu kini menghadirkan program kewirausahaan bagi anak didiknya.

“Pemberdayaan kepada Siswa agar memiliki skill wirausaha dan apabila tamat tapi tidak lanjut kuliah mereka mampu mandiri n berwirausaha dengam kreatifitas yang mereka miliki. Artinya memiliki sikap kemandirian dan kreatifitas,” ujar Kepala Sekolah SMAN 2 Toraja Utara, Julius Bangke kepada Torajadaily.com, Kamis (30/8).


Ia menjelaskan program kewirausahaan yang sementara berjalan di SMAN 2 Toraja Utara khususnya kelas X MIPA 1 adalah pembuatan penganan Popcorn. Meski belum lama berjalan, namun produksi Popcorn SMAN 2 Toraja Utara sudah diminati sejumlah Toko di Rantepao.

“Program kewirausahaan ini dimulai baru sekitar tiga minggu. Tahap II, siswa yang dibagi dalam 36 Kelompok berhasil memproduksi 100 pcs, jadi total sudah 140 Pcs. Semuanya siap order ke Toko Sahabat dan Toko Faris,” jelas Julius.

Dikatakan Julius jika jumlah produksi berjalan rutin, siswa SMAN 2 Toraja Utara bisa mendapatkan penghasilan hingga Rp1,6 juta tiap bulannya.

“Tiap bungkus dijual dengan harga Rp 5.000. Jadi 140 bungkus dikalikan Rp5.000 sama dengan Rp700.00 ribu dikurangi modal Rp300.000. Jadi penghasilan bersih Rp.400.000 per minggu,” urainya.

Julius menambahkan, selain Popcorn, program kewirausahaan yang juga dilaksanakan SMAN 2 Tana Toraja yaitu budidaya Ikan dan Jamur. (Ajhir Jie)

Advertisement
Advertisement
alterntif text

Facebook

Trending