kesehatan

Di Gigit Anjing Peliharaannya, Pria Mengkendek ini Meninggal Akibat Terinfeksi Rabies?

TORAJADAILY.COM, MAKALE – Ironimus Dati (41) meregang nyawa di ruang isolasi, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lakipadada pada 1 Januari 2018 lalu. Warga Mengkendek ini dicurigai terinfeksi virus Rabies, sebab gejala yang dialami mirip dengan penyakit yang diakibatkan oleh gigitan Hewan itu.

Ini diketahui saat salah seorang keluarga, curhat di Sosial Media terkait gejala yang dialami Almarhum sampai ajal menjemputnya.

“Gejala mulai muncul dua hari sebelum masuk RS. Badan letih, sulit tidur, takut air (hidrofobia) dan takut angin (bahkan nafas org), hingga kejang kejang kemudian dilarikan ke RS,” tulis Florence Pakiding Patintingan di akun Facebooknya, (2/1).

Lebih jauh di tulis Florence, Gejala itu kian memburuk saat berada di rumah Sakit “Episode kejang, paralysa/ kelumpuhan otot, konstriksi faryng. Gejala lain, sesak, perubahan kepribadian, perubahan perilaku, mengamuk/ meronta-ronta sampai akhirnya meninggal,” kata Florence melanjutkan tulisannya.

Florence yang diketahui juga seorang Dokter itu mengungkap jika Ironimus sebelumnya pernah di gigit seekor Anjing. Ironisnya, anjing tersebut tak lain hewan kesayangan yang sudah lama  dipelihara Ironimus.

“Dan yang menyedihkan, beliau yang saat itu langsung berobat tapi tidak diberikan Vaksin Anti Rabies dan hanya diberikan obat minum. Entah karena kekosongan stok atau kurang ditanggapi serius karena yg menggigit adalah anjing di rumah sendiri,” sesalnya.

“Kami sangat menyesalkan kejadian yang seharusnya tdk perlu terjadi ini. Kami juga tidak ingin kejadian ini terulang lagi dan kembali merenggut nyawa di kampung kami Mengkendek, ataupun di Toraja,” Imbuh Florence.

Sementara itu Otoritas RSUD Lakipadada belum bisa menyimpulkan apakah kematian Ironimus disebabkan rabies. Kendati begitu, melihat gejala yang dialami Almarhum, pihak Rumah Sakit tidak menampik jika itu mirip penyakit Rabies.

“Hasil pemeriksaan lengkap almarhum besok baru kami akan berikan. Kepala pelayanannya sudah pulang. Dilihat dari gejalanya, iya seperti penyakit Rabies,” singkat Direktur RSUD Lakipadada, Safary Mangopo kepada Torajadaily, Rabu 3/12/2017. (Ima)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top