Pemerintahan

Dikomplain Wisatawan, ini Yang Mesti Dibenahi RSUD Lakipadada

TODAY, MAKALE – Rumah Sakit Umum Daerah Lakipadada (RSUD) Tana Toraja rupanya kerap mendapat sejumlah komplain dari Wisatawan yang berkunjung. Hal tersebut diungkap oleh Wakil Bupati Tana Toraja, Victor Datuan Batara dalam kunjungan kerja Komisi IX DPR RI, di Ruang Pola Kantor Bupati Tana Toraja, Senin (30/7).

Ia mengatakan komplain tersebut disebabkan pelayanan kesehatan yang sangat-sangat jauh dari standar international yang didapatkan para turis.

“Sebagai daerah tujuan wisata, RSUD Lakipadada ini mestinya berstandar internasional. Sejauh ini, setidaknya kami sudah tiga kali mendapat komplain dari wisatawan akibat pelayanan kesehatan yang mereka terima jauh dari standar,” ungkap Wakil Bupati saat memberi sambutan.

Pada kesempatan itu Victor mengungkap Peralatan kesehatan di RSUD Lakipadada yang juga sangat minim adanya. Padahal, rumah sakit terbesar di Toraja itu merupakan rumah sakit rujukan dari tiga kabupaben yakni, Enrekang, Mamasa dan Toraja Utara.

“Akibatnya RSUD Lakipadada kadang over load,” imbuh Dia.

Dihadapan rombongan Komisi Tiga DPR RI, Victor juga mengungkap motto Pemkab Tana Toraja, yakni “Jangan Biarkan Rakyatku Sakit”. Ia memaparkan aplikasi motto tersebut dilakukan dengan membangun Puskemas rawat inap di setiap kecamatan.

“Meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, upaya-upaya yang kami lakukan membangun Puskesmas yang sudah bisa rawat inap disetiap kecamatan. Selain itu tenaga medis diberi insentif khusus yang besarannya sesuai dengan klasifikasi kawasan. Kami beri insentif khusus tiap bulan agar bisa bekerja melayani masyarakat secara maksimal meski harus diakui tenaga medis masih kurang,” jelas Victor.

Victor berharap kehadiran Komisi IX DPR RI ini dapat memberi manfaat untuk Tana Toraja khususnya dalam peningkatan pelayanan kesehatan.

Kunjungan kerja Komisi IX DPR RI ke Tana Toraja ini membawa rombongan sebanyak 20 orang, yang dipimpin Syamsul Bahri. Kegiatan diisi dengan melakukan audiens untuk menyerap aspirasi.

Kegiatan ini dihadiri ASN lingkup Pemkab Tana Toraja dengan melibatkan mitra kerja Komisi IX seperti BPJS dan Ketenagaan kerjaan. Usai berdialog di runag pola kunjungan kerja di lanjutkan di RSUD Lakipadada Tana Toraja. (Atj)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Trending

To Top