Connect with us
alterntif text

Peristiwa

Dua Hektar Lahan Buntu Mapongka di Mengkendek Terbakar

Published

on

Ilustrasi

TODAY, MENGKENDEK – Buntu Mapongka yang terletak di Kelurahan Rantekalua, Kecamatan Mengkendek, Tana Toraja, dilanda kebakaran pada Jumat (14/9) malam. Diperkirakan areal yang terbakar seluas 2 hektar.

Keterangan dari salah seorang personel Polsek Mengkendek, Paulus yang berada dilokasi bersama lurah Rantekalua mengatakan, peristiwa kebakaran tersebut terjadi sekira pukul 18.30 wita. Penyebab kebakaran hingga kini belum diketahui.

“Sumber api pertama kali diketahui salah seorang warga yang baru saja selesai survey pemasangan lampu disekitar wilayah sekitar sini. Sekitar 2 hektar yang terbakar. Itu yang terbakar pohon pinus dan semak,” ujar Paulus yang dihubungi melalui Telepon Seluler.

Paulus menjelaskan saat terjadi kebakaran di hutan rakyat tersebut pihaknya bersama warga setempat bahu membahu berupaya memadamkan kobaran api meski menggunakan peralatan seadanya. Beruntung lokasi kebakaran jauh dari pemukiman penduduk.

“Sumber air jauh makanya hanya menggunakan peralatan seadanya. Syukur jauh dari rumah penduduk. Kami juga sudah menghubungi unit Damkar” jelasnya.

“Api berhasil kami padamkan butuh waktu 3 jam lebih,” tambahnya.

Untuk diketahui Buntu Mapongka merupakan potensi destinasi wisata baru di Tana Toraja. Disini para pengunjung kerap camping menanti Sunrise. Daerah ini juga merupakan akses masuk Bandara Buntu Kuni’ yang sementara dalam pembangunan.(Atj)

Trending