Connect with us
alterntif text

Pemerintahan

Dukung Pariwisata Toraja, Pemprov Sulsel Janji Subsidi Penerbangan

Published

on

TODAY, MAKALE – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Susel, Sumarsono menyatakan akan Pemprov siap membantu Pemkab Tana Toraja untuk membuka kembali akses Transportasi Udara.


Pernyataan itu disampaikan Penjabat Gubernur Pemprov Sulsel, Sumarsono saat melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Tana Toraja, Jumat (20/7).

Ia mengatakan Pariwisata Toraja akan berkembang bila ada transportasi udara ke Toraja-Makassar dan sebaliknya. Lanjut dia, jalur transportasi udara ini sudah antar kota melibatkan tiga kabupaten sekaligus, yakni Tana Toraja, Toraja Utara serta Enrekang.

“Maka Pemprov akan masuk membantu akses penerbangan. Pemprov akan berkontribusi memberikan subsidi transportasi. Sepulang dari sini prioritas saya menghadap ke Menhub untuk membuka kembali akses penerbangan ke Toraja,” kata Sumarsono dalam sambutannya.

Dijelaskan Sumarsono, Pemprov Sulsel akan meyakinan Kemenhub agar penerbangan Toraja dapat terwujud. Ia mengatakan sebagai kawasan pariwisata, terasa aneh bila tidak ada dukungan transportasi udara di Toraja.

“Ini kita akan bangun kesepahaman antara Pemkab Tana Toraja dan Toraja Utara. Nanti subsidinya kita bagi tiga. Tugas Gubernur meyakinkan Kemenhub dan Juga meyakinkan Maskapai untuk subsidi silang,” jelasnya.


Selain masalah transportasi udara, lanjut Sumarsono, Pemprov juga akan membantu menguatkan keinginan Pemkab Tana Toraja untuk menghadirkan Presiden Jokowi di Toraja.

“Pemprov juga akan bersurat ke Bapak Presiden sebagai penguatan agar bisa hadir di Toraja pada Desember mendatang,” jelasnya.

Kunjungan kerja Penjabat Gubernur Sulsel¬† dilaksanakan di Gedung Tammuan Mali’ Makale ini disambut langsung Bupati Tana Toraja Nicodemus Biringkanae serta Wakil Bupati Tana Toraja Victor Datuan Batara. Ratusan ASN jajajan Pemkab Tana Toraja turut hadir.

Dalam sambutannya Bupati Tana Toraja mengungkap program yang dilakukan jajarannya seperti, pola tanam semusim serta budidaya Kopi Toraja.

“Dapat kami laporkan Pak Gubernur, Pemkab Tana Toraja mendorong sektor Pertanian melalui program pola tanam semusim dan budidaya Kopi Toraja,” ujar Nico.

Nico menjelaskan progtam pola semusim dilakukan dengn bergotong royong bersama masyarakat mulai dari pengerjaan lahan yang biayanya sepenuhnya ditanggung Pemkab Tana Toraja.

“Begitupun dengan tanaman kopi. Pemkab mendampingi dan masyarakat tinggal panen saja,” jelas Nico.

Usai kunjungan kerja Sumarsono kemudian mendapat jamuan makan malam di Rumah Jabatan Bupati. Rencananya Sumarsono akan melanjutkan kunjungan kerja di Kabupaten Toraja Utara, Sabtu (21/7). (Atj)

Advertisement
Advertisement
alterntif text

Facebook

Trending