torajadaily.com

Pariwisata

Hari Kopi Sedunia, Ini yang Dilakukan Ghitari Coffee Toraja

TORAJADAILY.COM, SANGALLA – International Coffee Organization (ICO) bersama seluruh asosiasi dan pebisnis kopi telah menetapkan 1 Oktober sebagai International Coffee Day atau Hari Kopi Sedunia. Penetapan sudah berjalalan sejak tahun 2014 silam.

Nah memasuki tahun ke-3 ini, ICO menyebut peringatan ini sebagai momen perayaan perjalanan kopi dari kebun ke kedai, yang mana disertai dengan komitmen, meningkatkan kemajuan kopi.

Menyambut Hari Kopi Sedunia ini, Ghitari Coffee membuka Warung Kopi Wala, sebagai salah satu penyedia Kopi Toraja di Sangalla, kabupaten Tana Toraja. Diharapkan kopi sajian waroeng kopi Wala dapat dikenal oleh para penikmat kopi Toraja.

Waroeng kopi Wala menyajikan kopi khas Sangalla. Buah kopi dipetik langsung dari kebun kopi yang berada tak jauh dari lokasi warung. Selain dapat menikmati aroma kopi khas Toraja, di waroeng wala ini juga menyuguhkan panorama alam mempesona bagi pengunjung.

Tidak hanya itu, disini pengunjung juga bisa menikamati serunya bermain dengan beberapa hewan satwa. Seperti burung Kasuari, Blekok, Merak, Monyet dan Ayam Mutiara yang dapat dilihat secara langsung di lokasi Warung Kopi Wala ini.

“Bagi para pecinta kopi juga dapat melihat secara langsung proses penggilingan kopi hingga peracikannya. Kopi Sangalla memiliki ciri khas tersendiri yang juga banyak diminati wisatawan luar selain karena juga harganya terjangkau,” kata pengelola Ghitari Grup, Sarira, kepada Torajadaily.com, Minggu 1/10/2017.

Sarira mengungkap Ghitari Grup dipimpin Komjen (purn) Insmerda Lebang, berkomitmen untuk ikut memperkenalkan kopi sebagai salah satu kekayaan alam Toraja. Untuk itu, pihaknya telah membuka lahan baru di daerah Kairo,Sangala yang nantinya akan dijadikan sebagai objek wisata kopi.

“Luas lahan sekitar 10 hektar telah ditanami pohon kopi. rencananya akan dibuka secara resmi pada akhir tahun 2017 ini.  Gitary berkomitmen, kopi Toraja harus dilestarikan dan perlu diperkenalkan lebih luas lagi,” pungkasnya. (Ima/ febe).

baca: Festival Kopi Toraja Dipadati Pengunjung

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top