Connect with us
alterntif text

Organisasi

Ingin Toraja Tanpa Narkoba, DjM Bentuk LSM Baranato

Published

on

TODAY, RANTEPAO – Sebanyak 25 orang Pengurus LSM Barisan Anti Narkoba Toraja atau Baranato, resmi dilantik ditandai dengan penyerahan Pataka oleh Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan kepada Ketua LSM Barnanto Djuli Mambaya, di Gedung Persekutuan Pemuda Gereja Toraja (PPGT) Pusat, Rantepao, Selasa (10/7) malam.


Ketua LSM Baranato Djuli Mambaya (DjM) mengatakan, Baranato yang dia gagas beberapa bulan lalu cukup mendapat respon positif, baik dari BNNK sebagai Lembaga khusus menangani penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika maupun dari Pemda setempat dan pemuda Toraja.

“Meskipun organisasi ini baru beberapa bulan yang lalu digagas, namun antusias dari pemuda Toraja untuk bergabung sangatlah besar. Selain itu BNNK Tana Toraja dan Pemda Toraja Utara sangat merespon kehadiran Baranato sebagai Lembaga Swadaya Masyarakat yang nantinya berperan aktif dalam memerangi penyalahgunaan dan pededaran gelap narkotika,” ujar DjM yang juga Kepala Dinas PUPR Provinsi Papua.

Usai pelantikan pengurus, Baranato akan melakukan Rapat Kerja yang akan melibatkan BNNK Tana Toraja, Polres dan Pemerintah setempat agar dalam pelaksanaannya nanti tidak tumpang tindi dalam hal memberantas penyalagunaan barang haram ini.

“Kita akan upayakan sesegera mungkin Raker dengan melibatkan Instansi terkait agar tidak tumpang tindih dalam pelaksanaan memberantas penyalahgunaan narkotika,” kata DjM.


Ia menambahkan, Baranato berperan melakukan sosialisasi dan juga mencegah masuknya Narkoba ke Toraja.

“BNN dan Kepolisian berperan dalam hal penindakan, kalau Baranato akan lebih kepada sosialisasi ke masyarakat khususnya di Sekolah, Kampus bahkan di Lembang-lembang. Ini untuk mengantisipasi atau sebagai pencegahan dini penyalahgunaan Narkotika di Bumi Lakipadada,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Toraja Utara Kalatiku Paembonan, memberikan apresiasi kepada Ketua LSM Baranato karena telah membentuk organisasi yang nantinya akan bersinergi dengan Pemda dan BNNK Tanan Toraja dalam hal sosialisasi bahaya penyalahgunaan narkotika.

“Ini perlu diapresiasi, Baranato hadir untuk bersinergi dengan instansi terkait dalam hal pencegahan dan pemberantasan barang mematikan ini,” ujar Kalatiku Paembonan saat memberi sambutan. (Ajhie-Jie)

Advertisement
alterntif text
Advertisement
Advertisement
alterntif text

Facebook

Trending