Connect with us
alterntif text

Hukum & Kriminal

Ini Perkembangan Penyidikan Kasus Dugaan Pungli Lurah di Toraja

Published

on

alterntif text

TODAY, MAKALE – Kasus dugaan Pungli yang melibatkan Lurah Tallunglipu Matallo, Kecamatan Tallunglipu, Toraja Utara, JP masih mengendap di Polres Tana Toraja.

Padahal kasus yang dilimpahkan oleh Unit Pemberatasan Pungli (UPP) ke Aparat Penegak Hukum (APH) pada Selasa 28 Mei 2019 lalu itu, terindikasi adanya pelanggaran pidana.

Hal itu terungkap dari gelar perkara tingkat penyelidikan oleh UPP, dimana selanjutnya dilimpahkan ke APP untuk melakukan penyidikan.

Kasat Reksrim Polres Tana Toraja, AKP Jon Paerunan yang dimintai konfirmasi terkait perkembangan penyidikan irit komentar. Ia mengatakan pihaknya masih sementara memeriksa saksi.

“Sementara perampungan pemeriksaan saksi,” singkat Jon melalui WhatsApp kepada torajadaily, Sabtu, 10 Agustus 2019.


Baca Juga: Kasus Pungli Pejabat di Toraja Utara Diserahkan ke APH Untuk Penyidikan

Diberitakan sebelumnya kasus dugaan pungli oleh JP ini bermula saat salah seorang warganya, hendak mengurus surat keterangan warisan keluarga, pada 19 Maret 2019 lalu.

Peronika, nama warga tersebut dimintai uang senilai Rp5.000.000 untuk biaya pengurusan oleh Lurah Tallunglipu Matallo, JP. Lantaran ketidaktahuannya, Peronika pun menyanggupi permintaan JP.

Dua hari berselang (21 Maret 2019), Peronika kemudian melaporkan kejadian tersebut ke Satgas Saber Pungli karena merasa ditipu dan dibodohi oleh JP.

Dalam laporannya Peronika menyertakan video sebagai barang bukti.

Untuk diketahui, terkait laporan dari warganya itu, Lurah JP telah membantah melakukan pungli. Ia berdalih, hal tersebut hanya kesalahpahaman saja dengan warganya. (Atj)



alterntif text

Advertisement
Advertisement

Facebook

Trending