Connect with us

Feature

Inspiratif, Mahasiswi Cantik ini Ma'pakande Bai Untuk Biaya Kuliah

Published

on

TORAJADAILY.COM, SANGALLA UTARA –   Fredelia Lola Embatau, Mahasiswi Universitas Kristen Indonesia (UKI) Toraja, patut diacungi jempol. Bagaimana tidak, mahasiswi semester empat jurusan Ekonomi ini giat bekerja meringankan beban kedua orang tua yang jarang dilakukan oleh gadis seusianya di jaman kini.


Gadis cantik ini rela bermandikan lumpur saat tengah mencari makanan sayur babi yakni Enceng Gondok di sawah milik warga disekitar tempat tinggalnya, aktifitas ini dilakukan rutin setiap sore, selepas mengikuti perkuliahan di Kampus I UKI Toraja. Bahkan bukan cuma mencari sayur babi, Lola sapaan akrab gadis cantik ini juga setiap harinya harus memasak dan memberikan makan babi peliaraannya yang berjumlah 6 ekor.

Sedari kecil Lola tinggal bersama Neneknya. Namun sang nenek kini sudah meninggal dunia. Saat ini, Ia tinggal bersama paman serta adiknya di Kelurahan Leatung, Kecamatan Sangalla Utara.

Lola, anak kedua dari lima bersaudara pasangan Ayah Pairing Embatau dan Ibu Adolfina Rombe Sanggaria ini, mengaku tidak sedikit pun merasa gengsi melakukan perkerjaan tersebut, karena sejak kecil dirinya sudah terlatih bekerja keras dan selalu diajarkan untuk hidup mandiri oleh mendiang neneknya semasa hidup.

“Saya tidak pernah berfikiran gengsi untuk mencari makan sayur babi, meskipun harus bermandikan lumpur setiap hari. Soalnya, sejak kecil mendiang nenek selalu mengajarkan untuk bekerja keras dan belajar mandiri,” ungkap Lola kepada Torajadaily.com, Minggu (21/01/17).

Ia juga menuturkan alasannya bekerja keras memelihara ternak babi sebagai modalnya untuk menyelesaikan study. Untuk itu, iya rela tidak memiliki sepeda motor dan lebih memilih membeli babi dari modal orangtuanya.

“Ternak babi itu milik saya sendiri, minta dibelikan sama orang tua. Daripada sepeda motor mending pelihara babi yang nantinya bisa dijual untuk biaya hidup dan kuliah. ongkos,” jelas Lola yang lahir di Kapipe, 19 Desember 1997.

“Jangan pernah malu dengan apa yang kita kerjakan asalkan itu bukan mencuri, tapi malulah ketika kita hanya tau untuk meminta kepada orang tua, tetapi tidak pernah mau membantunya meringankan beban hidupnya,” pesan Lola kepada generasi muda, khususnya anak muda Toraja.

Lola muda juga memiliki impian menyelesaikan studinya tepat waktu dan bisa dapat pekerjaan yang bagus, guna  membangunkan rumah yang layak untuk kedua orang tuanya. Untuk mewujudkan cita-citanya, Lola memiliki prinsip hidup yang cukup simpel namun dapat menginspirasi semua orang.

“Hidup itu bukan hanya soal kekayaan, karena kekayaan akan habis. Tetapi ketekunan, keterampilan, rendah diri, dan mau berusaha untuk hidup yang lebih baik tidak akan ada habisnya,” Pungkasnya. (Ajie jie)


Advertisement
Advertisement
alterntif text
Advertisement

Facebook

Trending