torajadaily.com

Pilkada

Instruksi SBY, Kawal IYL-Cakka di Pilgub Apapun Pilihan Politiknya

TORAJADAILY.COM, MAKASSAR – Demokrat Sulsel kian mantap memenangkan pasangan Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka) di Pilgub Sulsel 2018. Ketua Umum DPP Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengeluarkan titah, menangkan IYL-Cakka. Apapun langkah yang akan ditempuh pasangan Komitmen-Merakyat itu.

Baca: demokrat resmi serahkan rekomendasi ke iyl cakka

Jalur partai politik atau perseorangan. Untuk saat ini, IYL yang dikenal jago strategi memang belum menentukan langkah yang diambil. Apakah melaju ke menja pendaftaran KPU lewat parpaol atau perseorangan. Yang pasti, jalur perseorangan pun sudah siap untuk ditempuh pelopor Pendidikan Gratis di Indonesia itu.

Wakil Ketua Bidang Organisasi, Kaderisasi dan Keanggotaan (OKK) DPD Demokrat Sulsel, Zulkarnain Paturuni mengatakan, pihaknya tidak ingin berandai-andai. Yang pasti, Demokrat sudah resmi mengusung IYL-Cakka.

“Yang ada hari ini bahwa Demokrat sudah fiks mengusung IYL-Cakka. Adapun nanti dalam hal kebijakan, itu adalah kewenangan DPP, dalam hal ini Majelis Tinggi Partai (MTP) kan,” ucap Zul saat dikonfirmasi, Kamis (23/11/2017).

Zul kembali menegaskan, bahwa SBY mengatakan usungan Demokrat ke IYL-Cakka sudah final dan tidak bisa lagi diganggu gugat. Hal ini terkesan menjadi penegasan, apapun langkah politik “Punggawa Macakka” ke depan, partai berlambang bintang mercy ini tetap mendukung.

“Kalau sudah begitu keputusan majelis tinggi, kami di DPD sebagai pengurus dan kader, wajib mengamankan dan menjalankan perintah partai,” ucapnya.

Lebih jauh, dia mengatakan, dalam waktu dekat ini Demokrat se-Sulsel bakal menggelar rapat koordinasi daerah (Rakorda). Agenda tersebut adalah persiapan pemenangan pasangan calon jagoannya pada hajatan politik lokal lima tahunan mendatang.

“Kita tunggu Pak Ketua (Ni’matullah) pulang dari Jakarta. Mungkin dalam waktu dekat ini kita akan gelar Rakorda terus sekaligus persiapan pemantapan persiapan konsolidasi akbar di 308 Kecamatan se-Sulawesi Selatan,” ucapnya.

Rakorda ini, lanjut Zul, sebagai langkah memantapkan pergerakan pemenangan IYL-Cakka. “Kita rapikan dulu internal. Kemudian seluruh potensi-potensi komunitas yang dimiliki oleh setiap kader Partai Demokrat. Selama ini sudah ada, tapi kemarin kami menunggu siapa yang fiks diusung Demokrat,” imbuhnya.

Apakah IYL dan Cakka akan hadir dalam konsolidasi yang digelar Demokrat mendatang, Zul tidak ingin terlalu jauh berspekulasi. Yang pasti, agenda tersebut adalah konsolidasi akbar pemenangan IYL-Cakka di Pilgub.

“Nanti kita lihat teknisya, apakah dihadirkan atau tidak. Yang jelas, itu yang akan kita bicarakan, persiapan konsolidasi akbar. Kita tunggu dulu pak Ketua pulang dari Jakarta ini. Karena masih rapat di Cikeas,” tandasnya.

Dikonfirmasi terpisah, Ketua DPD Demokrat Sulsel, Ni’matullah mengatakan, pihaknya segera menggelar rapat di jajaran pengurus DPD Demokrat Sulsel perihal perencanaan pemenangan IYL-Cakka. Ulla, hingga saat ini masih belum bisa memberikan komentar terlalu jauh sebelum membahas tekhnis lebih jauh bersama pengurus DPD Demokrat dan IYL-Cakka.

“Belumpi dek, saya ini masih di Jakarta, belum pulang. Belum bicara baik-baik sama kandidat. Nanti saya pulang baru bicara baik-baik,” kata Wakil Ketua DPRD Sulsel ini.

Saat ditanya perihal sikap Demokrat jika pada akhirnya IYL-Cakka mendaftar lewat jalur independen. Ulla mengatakan, akan membahas lebih jauh dengan IYL-Cakka. “Biarkan saya ngobrol dulu lah,” tandasnya. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top