Connect with us

Peristiwa

Ippemsi Temukan Raskin Untuk Warga Simbuang Membusuk di Gudang

Published

on


TODAY, MAKALE – Ikatan Pemuda Pelajar Mahasiswa Simbuang-Mappak (Ippemsi) Makassar temukan beras raskin (rastra) membusuk lantaran tidak tersalurkan.

Rastra untuk masyarakat Simbuang ini menumpuk dalam gudang milik Andarias di Sandangan, Lembang Mappa’, Kecamatan Bonggakaradeng.

Berdasarkan kesepakatan sewa gudang untuk pertahun senilai tiga juta namun sampai saat ini juga belum dibayar,

Ketua Umum Ippemsi Rei Naldo mengatakan, berdasarkan kesepakatan gudang Andarias disewa pertahun senilai Rp3.000.000, namun sampai saat ini juga belum dibayar. Rastra ini lanjut Dia, merupakan jatah bulan Februari-Maret (2019) yang bersamaan datang dan diantar langsung oleh pihak Bulog.

“Raskin kecamatan Simbuang membusuk tidak tersalurkan karena pihak kecamatan terkendala biaya angkut ke Simbuang,” kata Rei kepada torajadaily, Rabu (11/9).


Rei mengaku, persoalan ini telah dikonfirmasi langsung kepada Camat Simbuang, Ritayani Layuk, dimana diketahui biaya distribusi dari gudang ke tujuan bukan lagi menjadi tanggungan warga. Tapi namun begitu lanjut Rei, Pemerintah kecamatan tidak memiliki anggaran yang cukup untuk biaya angkut beras.

“Ibu camat katanya juga sudah komunikasi dengan para Kepala Lembang untuk mengarahkan masyarakat datang langsung ke gudang mengambil beras. Sebab, pihak kecamatan tidak mempunyai biaya yang cukup untuk pengangkutan. Katanya pihak kecamatan akan berupaya sehingga beras secepatnya dapat tersalurkan ke masyarakat,” jelas Rei.

Terkait fakta tersebut, Dewan Pengurus Ippemsi sangat menyayangkan. Ippemsi mengharapkan pihak pemerintah kecamatan segera mengambil tindakan konkrit mengatasi persoalan tersebut, sehingga manfaat bantuan pemerintah betul-betul bisa dirasakan masyarakat.

“Dewan pengurus Ippemsi Makassar juga memperingatkan Pemkab Tana Toraja dalam hal ini Bappeda, Badan Ketahanan Pangan, Inspektorat Kabupaten, dan beberapa instansi tekait untuk melakukan pengawasan dengan serius atas penyaluran raskin sehingga betul-betul terealisasi dengan baik. Karena sangat disayangkan kalau beras membusuk begitu padahal masyarakat sangat membutuhkan,” tegas Rei. (Kefin)


Advertisement
Advertisement

Facebook

Trending