torajadaily.com

Olahraga

Jelang Porda XVI, Atlit Berprestasi Tana Toraja Membelot

TORAJADAILY.COM, TANA TORAJA – Pekan Olah Raga Daerah (Porda) Sulawesi Selatan XVI sudah didepan mata. Sejumlah daerah pun tengah sibuk mempersiapkan para atlitnya untuk berlaga di Porda yang akan digelar di kabupaten Pinrang tahun 2018.

Kondisi berbeda dialami kabupaten Tana Toraja. Daerah tujuan wisata itu justru malah ditinggal sejumlah atlit berprestasinya. Mereka lebih memilih membawa bendera daerah lain ketimbang membela Kampung halamannya Tana Toraja.

“Tahun ini saya membela tim pra Porda Bridge Kabupaten Luwu Timur,” ujar Yeheskiel peraih medali emas di Porda XV Bantaeng kepada awak media, 4/8/2017.

Kata Yeheskiel keputusannya membela daerah lain disebabkan kekecewaan akibat minimnya perhatian pemerintah kabupaten Tana Toraja mulai dari jaminan kesejahteraan atlit dan fasilitas latihan untuk atlit. Dia juga mempertanyakan kinerja Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Tana Toraja yang diklaimnya jauh dari tugas dan fungsinya.

“Bukan hanya saya, ada juga beberapa atlit potensial yang punya prestasi hengkang.  Uang bukan yang utama, kami hanya butuh perhatian pemerintah serta dukungan fasilitas latihan yang memadai,” pungkasnya.

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (Koni)  Tana Toraja Laurel Andilolo mengaku sudah mengetahui informasi adanya sejumlah atlet potensial dan berprestasi memilih memperkuat daerah lain. “belum ada persuratan resmi kami terima dari atlet bersangkutan,” kilah Laurel.

Sekedar diketahui Porda XV Bantaeng, Tana Toraja berhasil masuk 10 besar. Dengan raihan Emas 16, Perak 25 serta Perunggu 23, kabupaten Tana Toraja berada di peringkat 7 dari 24 kab/ kota. (dy)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top