Connect with us
alterntif text

Pemerintahan

Jual Pariwisata, Pemkab Gelar Event Jelajah Sepeda Wisata Toraya Maelo

Published

on

TODAY, MAKALE – Pemerintah Kabupaten Tana Toraja melalui Dinas Pariwisata akan menggelar event Jelajah Sepeda Wisata Toraya Maelo pada bulan Desember mendatang.


Pelaksana Tugas Kadis Pariwisata Tana Toraja Rospita Napa mengatakan event tersebut merupakan bagian komitmen sebagai sarana promosi pada umumnya guna meningkatkan kunjungan wisatawan dan investasi.

“Tana Toraja pada umumnya merupakan kawasan yang amat potensial bagi pariwisata. Alamnya nan indah didukung dengan tradisi-tradisi yang unik membuat daya tariknya begitu kuat. Event jelajah sepeda wisata Toraya Maelo sebagai sarana promosi,” ujar Rospita.

Ia mengatakan potensi yang dimiliki Toraja belum lah cukup tanpa dukungan promosi dan event sebagai pemancing untuk kunjungan wisatawan.

“Sebab, di daerah lain pun memiliki kekayaan yang sama yang juga berusaha sekuat tenaga untuk dikunjungi wisatawan,” kata istri Bupati Tana Toraja itu.

Dijelaskan Ketua TP PKK Tana Toraja itu, jelajah sepeda Toraya Maelo, merupakan perjalanan bersepeda dengan melibatkan para penggemar sepeda di dalam dan luar negeri untuk mengelilingi Tana Toraja.

Lanjut Rospita melalui event itu, para peserta akan mengenal dari dekat kekayaan ekonomi dan sosial budaya masyarakat Toraja, lalu menumbuhkan kecintaan, bahkan ikut mempromosikan Toraja.

“Jadi, jelajah sepeda bukan event kompetisi, melainkan mengajak orang untuk berwisata menggunakan sepeda. Sambil menikmati panorama dan kekayaan budaya, peserta pun berolahraga,” tutur Dia.

“Tana Toraja, termasuk kawasan yang menarik untuk turing sepeda. Topografinya yang menantang. Ada ribuan kelokan disertai tanjakan dan turunan tajam. Panorama alam yang beragam dan indah, seperti Pango pango, Tampang Allo, Kuburan Pohon (Kambira). Ada pula tradisi-tradisi lokal. Itu sebabnya, Toraya Passapeda menggelar jelajah sepeda wisata toraya maelo sebagai upaya mendorong pengembangan ekonomi di kawasan ini,” sambung Rospita.

Kini, bersepeda, termasuk salah satu jenis wisata minat khusus yang semakin berkembang di Indonesia.

Para penggemarnya baik domestik maupun asing selalu melakukan perjalanan jarak jauh secara kelompok maupun perorangan.

Malah beberapa komunitas Sepeda Makasar dan Komunitas SLIM (julukan bagi komunitas Sepeda Lipat Maksassar) akan hadir melakukan touring Makasaar -Toraja jarak tempuh 320 Km.

Sebelumnya jelajah sepeda wisata Toraya (JWST) dilakukan harian sejak tahun 2012 yang mengambil rute Pattawanan – Buntu Sisong & Makale. Pada tahun 2014 rute  Mengkendek (kawasan Industri Kopi) – Makale. Setelah itu rute Makale – Sangalla – Ariang & Botang di tahun 2016.

“Jadi, Jelajah Sepeda Wisata Toraya ini merupakan Event Tahunan dan terus di sempurnakan,” timpal Ivan Kalal’embang, yang juga penggagas JSWT.

Peserta jelajah sepeda wisata Toraya Maelo meliputi perorangan dan komunitas. Bagi yang berminat bisa menghubungi kontak person, Angga: [email protected], 082188638652 dan Kamal: [email protected] 085342174562. (*)


Advertisement
alterntif text
Advertisement
Advertisement
alterntif text

Facebook

Trending