Connect with us

Pendidikan

Kantor BNNK Tana Toraja “Diserbu” Anak Sekolah. Ini Sebabnya

Published

on

TODAY, MAKALE – Kantor Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Tana Toraja di Tongkonan Ada’, Makale Kamis (5/7) “diserbu” ratusan anak Sekolah.


Kedatangan ratusan anak sekolah yang baru saja tamat dari Sekolah Menengah Pertama (SMP) ini bertujuan untuk melakukan Tes Urine sebagai persyaratan masuk ke Sekolah Menengah Atas (SMA).

Beberapa SMA yang telah menerapkan persyaratan bebas peyalahgunaan narkoba diketahui antara lain, SMAN 1 Tana Toraja, SMAN 5 Tana Toraja dan SMK 4 Makale Selatan.

Persyaratan ini dibagi dalam 2 tahap. Tahap pertama meliputi akademik, afirmasi, khusus dan presrasi. Sementara tahap kedua yakni domisili.

Kepala BNNK Tana Toraja, AKBP Dewi Tonglo mengapresiasi langkah beberapa SMA yang memberlakukan persyaratan bebas narkoba melalui tes urine.

“Kami sangat apresiasi. Ini bagian dari pencegahan dini terhadap penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba. Kami berharap sekolah lainnya bisa memberlakukan persyaratan ini demi mencegah penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba khususnya di dunia Pendidikan,” kata Dewi.

Kendati begitu lanjut Dewi menjelaskan meski Sekolah telah mensyaratkan calon siswanya bersih dari narkoba dengan melampirkan surat keterangan bebas narkoba yg bisa diambil dari BNNK atau RS setempat, namun itu semua belum jadi jaminan bagi anak-anak bahwa dalam pertumbuhan pergaulan mereka akan aman dari penyalahgunaan narkoba.

“Untuk itu sekolah maupun kelompok masyarakat dimana anak-anak sekolah ini berada harus kita maintenance terus  menerus melalui berbagai macam edukasi agar bisa terjamin akan terbangunnya karakter generasi muda yg baik dan berani tolak narkoba, sex bebas dan kenakalan remaja dalam bentuk apapun. Tapi mereka benar-benar menyiapkan dan membangun karakter dirinya untuk bersaing generasi emas masa datang,” jelas Dewi. (*)


Advertisement
Advertisement
alterntif text
Advertisement

Facebook

Trending