Connect with us

Peristiwa

Forum Mahasiswa Toraja Desak Penumpasan KKB

Published

on

TODAY, MAKALE – Forum Mahasiswa Toraja (Format) mengecam dan mengutuk keras pembantaian oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) terhadap pekerja PT Istaka Karya di Kabupaten Nduga, Papua.


Format menyatakan hilangnya beberapa nyawa yang dirampas KKB, yang mana sebagian besar korban merupakan warga Toraja adalah duka Sangtorayaan.

“Kami mengecam dan mengutuk keras tindakan KKB. Kematian beberapa pekerja proyek PT Istaka Karya yang diantaranya sebagian besar korban merupakan warga Toraja adalah¬†duka mendalam bagi kami dan seluruh masyarakat Toraja,” kata Ketua Format, Prilki Randan dalam rilis persnya, Jumat (7/12).

Dia menegaskan tindakan KKB itu biadab dan merupakan bentuk pelanggaran HAM berat.

“Maka Kami mendesak TNI/ Polri untuk segera memburu dan menangkap para pelaku baik dalam keadaan hidup maupun mati,” tegas Prilki.

Menurut Prilki, keberadaan KKB yang telah beberapa kali melakukan tindakan teror, intimidasi, penyanderaan bahkan tidak segan membunuh masyarakat sipil selama ini telah meresahkan masyarakat Papua. Dan apabila dibiarkan kata dia tentunya akan terus dan leluasa melakukan tindakan teror kepada masyarakat yang melegitimasi tindakan kekerasan dengan dalil perjuangan.

“Peristiwa tersebut menjadi momentum Negara untuk menumpas habis KKB sampai keakar-akarnya. Jika perlu Negara melakukan opresi militer. Tidak ada lagi alasan untuk keberadaan KKB . KKB harus segera di tumpas,” Harapnya.

Pembantaian yang dilakukan KKB terjadi pada Minggu (2/12). Dalam insiden itu, satu anggota TNI juga tewas.

(*)


Advertisement
Advertisement
alterntif text
Advertisement

Facebook

Trending