Connect with us
alterntif text

Pemerintahan

Kepala BPBD Tana Toraja Ajak Masyarakat Tumbuhkan Budaya Siaga Bencana

Published

on

TODAY, MAKALE – Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tana Toraja, Alfian Andilolo menegaskan pentingnya pelatihan evakuasi bencana kepada masyarakat.

Itu disampaikan Alfian mengingat bencana rentan terjadi di wilayah Toraja sekaligus dalam rangka peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) tahun 2019 yang jatuh pada haru ini, Jumat 27 April.

“Tumbuhkan budaya siaga bencana. Itu dimulai dari diri kita dan keluarga dan komunitas,” kata Alfian di Makale, Kamis 25 April 2019.

Dia menjelaskan cara fikir dan tindak masyarakat penanggulangan bencana perlu diubah dari saat ini yang masih dalam perpesktif responsif. Menurutnya perlu edukasi menumbuhkan budaya siaga bencana kepada masyarakat.


“Jadikan rumah sebagai sekolah untuk kesiapsiagaan bencana,” ucapnya.

Lebih rinci dijelaskan Alfian peringatan HKBN 2019, pihaknya akan melaksanakan sosialisasi dan pelatihan pada sejumlah instansi Pemerintahan hingga ke lingkungan pendidikan di Tana Toraja. Itu dilaksanakan pada 3 Mei 2019 mendatang.

Adapun tujuan dan sasaran yang ingin dicapai kata Alfian antara lain terwujudnya pemahaman faktor-faktor resiko dan upaya penanggulan resiko bencana di lingkungan. Selain itu, meningkatkan kesadaran, kewaspadaan dan kesiapsiagaan bencana dalam menghadapi ancaman bencana melalui pelatihan bertahap, bertingkat dan berkelanjutan.

“Dan terwujudnya kemampuan antisipasi, proteksi dan penyelamatan diri dari ancaman bencana. Agar kita selamat tau saja tidak cukup, perlu latihan,” bebernya.

Sementara itu peringatan HKBN Tahun 2019 dipusatkan di Kampus Universitas Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan. (Kefin)


Advertisement
Advertisement

Facebook

Trending