Connect with us

EVENT

Komunitas Pa’sablon Toraya Ikut Workshop Sablon Roadshow Celebes 2021

Published

on

Komunitas Pa'sablon Toraya

TODAY, MAKALE – Workshop Sablon Roadshow Celebes 2021 sukses digelar di waroeng sablon, Kelurahan Pantan, Kecamatan Makale, Tana Toraja pada 9 Desember 2021.

Kegiatan ini diikuti puluhan anak muda Toraja yang tergabung dalam komunitas Pa’sablon Toraya, baik dari Tana Toraja pun Toraja Utara.

Workshop Sablon Roadshow Celebes 2021 diselenggarakan oleh MSD Toko Sablon bersama 21 Screen Printing Makassar, Ultigluck, Lumbung Kaos dan Mockerz.

Para peserta diberikan pelatihan seperti setting simulated proces, print + RIP, affdruk, sablon dan sharing sesion yang dibawakan oleh pemateri atas nama Kiky dari Ultigluck serta Adi dari MSD Toko Sablon.

Vian, salah seorang anggota komunitas Pa’sablon Toraya mengaku senang Tana Toraja dipilih sebagai salah satu daerah dilaksanakan Workshop Sablon Roadshow Celebes 2021. Menurut dia melalui kegiatan tersebut membuka peluang bagi komunitas Pa’sablon Toraya untuk meningkatkan keterampilan.

“Pa’sablon Toraya sangat bersyukur dan berterima kasih kepada semua pihak penyelenggara Sablon Roadshow Celebes 2021. Jika selama kami hanya bisa melihat event – event yang diselenggarakan di daerah lain melalui youtube dan media sosial, namun sekarang bisa merasakan langsung menjadi tuan rumah,” ungkapnya kepada torajadaily, Kamis (10/12) malam.

Kegiatan ini disupport oleh beberapa workshop di Toraja, antara lain Kompas ART, Waroeng Sablon Toraja, Bulu Londong, Amelia ART, Five Her, Rakbisa, Bintoen Screen Printing.

Kemudian Evan ART, CDS Sablon, Karina ART, Balian, A+ Toraja Clothing, Gubuk Screen Printing, A’rae Toraja, Violet Screen Printing, Panampa serta Winner.

Multi selaku Ketua Panitia mengatakan semua peserta mengikuti kegiatan dengan sangat antusias karena menjadi event sablon perdana di Toraja.

“Dan akan menjadi sejarah dalam dunia sablon di Toraja. Semoga event ini tidak hanya menjadi kenangan, namun menjadi batu loncatan untuk event – event selanjutnya dan Pa’ Sablon Toraya bisa lebih kompak dan berkembang bersama,” katanya.

Untuk diketahui, Komunitas Pa’sablon Toraya merupakan gabungan para tukang sablon di Tana Toraja maupun Toraja Utara yang terdiri dari 20-an workshop.

Komunitas ini dibentuk sebagai wadah mempersatukan para tukang sablon sekaligus sebagai berdiskusi atau berbagi banyak hal mengenai sablon.

“Kata Pa’sablon dipilih sebagai nama kelompok dikarenakan logat daerah yang kental, Pa’ atau pelaku dan sablon adalah bidang yang ditekuni,” jelas Evan. (*)

Trending