Uncategorized

Kurangi Resiko Bencana, Warga Lemo Gotong Royong Perbaiki Jalan

TODAY, MAKALE UTARA – Puluhan warga Pa’gasingan, Kelurahan Lemo, Kecamatan Makale Utara, Tana Toraja gotong royong memperbaiki jalan rusak yang ada di wilayah mereka. Jalan yang menghubungkan Pala-Pala – Pa’gasingan beberapa waktu lalu dilanda bencana tanah longsor.

“Kami mengantisipasi bencana longsor yang lebih parah, mengingat wilayah kita ini masih kerap dilanda cuaca buruk,” ujar salah seorang tokoh masyarakat sekaligus penggalang warga setempat, Luter S. Patasik, Selasa (17/4).

Hebatnya lagi, perbaikan jalan ini tanpa mengandalkan anggaran dari pemerintah ataupun pihak swasata namun dilakukan dengan swadaya warga sendiri. Warga mengumpulkan dana seikhlasnya untuk mengadakan material.

“Iya benar, untuk pengadaan materialnya kami semua swadaya,” kata Luther yang juga anggota DPRD Tana Toraja.

Luther yang turun langsung bergotong royong bersama warga ini mengerjakan jalan yang panjang sekitar 50 Meter dan lebar 4 Meter. Estimasi itu membutuhkan biaya sekitar Rp50 juta.

Kader PDIP itu mengaku gotong royong masih terpelihara dan tetap dilaksanakan warga setempat dalam mencari penyelesaian berbagai masalah sosial yang timbul ditengah-tengah masyarakat.

“Ini juga sekaligus memperat tali silatutahmi antar warga. Sebagaimana bermusyawarah mencari solusi setiap permasalahan yang akan dan dihadapi warga. Semangat gotong royong ini baiknya kita tanamkan untuk anak-anak kita,” pungkas Luther. (Atj)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Trending

To Top