Connect with us

Pemerintahan

Legislator Kaltim Ini Kritik Defisit APBD di Toraja Utara

Published

on

TODAY, MAKASSAR – Legislator Kalimantan Timur asal Toraja, Zeth Salurapi, mengaku prihatin atas kondisi keuangan di Kabupaten Toraja Utara yang mengalami defisit setiap tahun.

Menurutnya, hal itu seharusnya tak terjadi jika Bupati di daerah itu kreatif dan transparan dalam pengelolaan APBD.

“Kami juga pernah mengalami dan secepatnya teratasi. Semoga Kabupaten  Toraja Utara mampu menyelesaikan dengan baik dan mampu mencari jalan keluar agar tidak menimbulkan keresahan di masyarakat,” ungkap Zeth Salurapi yang akrab disapa Jui Pasolang saat ditemui di Makassar sebelum bertolak ke Balikpapan, Kaltim, Jumat (22/03/2019).

Mantan atlet balap motor nasional asal Rantepao ini meminta agar Bupati Toraja Utara membuka diri untuk meminta petunjuk ke ahlinya. Supaya setiap tahun, defisit ini tidak menjadi “penyakit” yang mengancam kelangsungan nasib masyarakat  Toraja Utara.

“Defisit APBD ini tidak hanya dirasakan para kontraktor tapi semua stakeholder pemerintah. Secara tidak langsung pasti berdampak pada pelayanan masyarakat,” kata politisi NasDem DPRD Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur ini.


Zeth yang disebut-sebut bakal meramaikan bursa calon Bupati Toraja Utara periode mendatang ini mengatakan, salah satu solusi yang harus ditempuh Bupati dalam meminimalisir defisit APBD Toraja Utara adalah kreatif dalam mencari dan memanfaatkan potensi pendapatan asli daerah (PAD).

“Jangan hanya berharap pada potensi PAD yang itu-itu saja. Itu kan cara-cara klasik. Selama ini Toraja Utara hanya berharap pada pajak potong hewan, tambang galian C, dan obyek wisata. Padahal, banyak yang harus dilakukan seperti parkir dan membuka kran investasi yang efektif,” jelasnya.

Selain itu, lanjut dia, Bupati juga harus mampu membuat potensi dan target PAD serta komitmen dalam mengawal pemasukan PAD tersebut.

“Pemanfaatan jaringan di luar Toraja juga sangat dibutuhkan. Jangan tertutup karena banyak hal yang sangat bermanfaat bagi Toraja di luar sana,” katanya. (*)


Advertisement
Advertisement

Facebook

Trending