Connect with us

Pendidikan

LPMP Sulsel: Tana Toraja Peringkat 1 Input Data

Published

on

TODAY, MAKALE – Klaim Dinas Pendidikan Kabupaten Tana Toraja, yang meraih peringkat pertama terkait mutu pendidikan di Sulawesi Selatan menimbulkan polemik.


Masyarakat di Daerah Pariwisata itu menyambut gembira atas meningkatnya mutu pendidikan, akan tetapi ada juga yang meragukan capaian tersebut.

Pihak Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Sulsel yang dikonfirmasi torajadailycom, meluruskan klaim tersebut.

“Jadi intinya bukan mutu pendidikan, tapi peringkat pertama dalam hal menginput data pendidikan. Tapi itu juga perlu mendapat apresiasi,” ujar Mardin selaku Widya Suara LPMP Sulsel melalui telepon seluler, Jumat 11 Januari 2019.

Mardin mengatakan data yang diinput Dinas Pendidikan Tana Toraja keseluruhannya masuk dan lengkap. “Data yang dimasukkan Tana Toraja itu lengkap 100 persen, makanya peringkat 1,” jelasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Tana Toraja, Anthon Toding yang ditemui di Kantornya mengakui hal tersebut.

Ia mengungkapkan, peringkat pertama yang diraih itu merupakan pemetaan pendidikan. “Iya benar, itu pemetaan bukan hasil mutu (output). Data pendidikan yang diinput meliputi, jumlah sekolah, SDM guru, fasilitas yang tersedia,” aku Anthon.

Ia menjelaskan, pemetaan pendidikan akan menentukan mutu pendidikan di suatu daerah. Menurutnya, capain yang diraih itu merupakan langkah positif dalam rangka perbaikan kualitas pendidikan di Tana Toraja.

Ia juga mengapreasi jajarannya yang bekerja penuh semangat sehingga input data yang sebelumnya berada pada peringkat 23 kini naik jadi urutan 1.

“Pemetaan ini tentu menjadi indikator mutu pendidikan. Ini nerupakan langkah langkah posititf dalam rangka perbaikan kualitas pendidikan. Harapan kita ini bisa pertahankan kedepannya,” jelasnya. (Kefin)


Advertisement
Advertisement

Facebook

Trending