Connect with us
alterntif text

Budaya

Makam di Toraja ini Simpan Ratusan Kerangka Manusia Raksasa?

Published

on

TODAY, REMBON – Makam Gua Sakkombong, demikian warga di Lembang Palesan, Kecamatan Rembon, Tana Toraja, menyebutnya. Makam ini tepat berada di tepi Sungai Sa’dan, menyimpan ratusan kerangka manusia yang diperkirakan telah berusia ratus bahkan ribuan tahun lamanya.


Uniknya, dilihat dari segi ukuran, tulang-belulang maupun tengkorak manusia yang ada di makam ini berbeda ukuran manusia normal pada saat ini. Pasalnya, kerangka disini memiliki ukuran tulang tungkai kaki maupun lengan lebih panjang.

“Ukuran tulang tungkai kaki sekitar satu meter. Padahal manusia normal pada saat ini, ukuran tulang tungkai maksimal 60 centimeter. Karena ukuran yang tidak normal ini pula sehingga warga mengklaim tulang belulang yang ada di Gua tersebut milik manusia raksasa,” ujar Kepala Lembang Palesan, Wilson Patulak kepada Torajadaily.com, Rabu (28/3).


Wilson mengatakan, sekitar tahun 80-an ke bawah, kerangka manusia di makam tersebut masih terbungkus rapi dalam peti, yang disebut warga setempat dengan istilah “Batutu”. Peti tersebut dilengkapi ukiran yang dikenal dengan sebutan “Pasu’su”.

“Pertama kali ditemukan warga sekitar tahun 70-an. Sayangnya, peti-peti itu sudah rusak dimakan usia. Sebagian lagi hilang terseret arus sungai. Demikian pula sebagian tulang dan tengkorak, juga ada yang terbawa arus sungai,” Jelas Dia.

Untuk mencapai lokasi makam ini kata Wilson tidaklah begitu sulit. Waktu yang dibutuhkan hanya sekitar 30 menit berjalan kaki dengan jarak tempuh 1 kilo meter dari perkampungan Bo’ne, Palesan. Di lokasi ini masih terdapat 5 Gua lainnya yang juga menyimpan ratusan kerangka manusia.

“Sebenarnya di wilayah ini terdapat enam Gua juga berisi kerangka manusia raksasa,” pungkas Wilson. (Atj)

Advertisement
Advertisement
alterntif text

Facebook

Trending