Connect with us
alterntif text

Pendidikan

Mendadak, SMKN 4 Tana Toraja Didatangi Tim Saber Pungli

Published

on

alterntif text

TODAY, MAKALE – Tim Saber Pungli mendadak diturunkan ke SMKN 4 Tana Toraja, pasca aksi mogok siswa menolak kenaikan pembayaran uang sekolah.

Paur Humas Polres Tana Toraja, Aiptu Erwin, yang dimintai konfirmasi membenarkan hal tersebut. Menurut dia, tim saber pungli diturunkan untuk menyelidiki kemungkinan adanya perbuatan melawan hukum.

“Iya, tim saber pungli sudah bergerak kesana (SMKN 4 Tana Toraja). Meski hanya sebatas dugaan, tapi perlu dilidik. Nanti kami sampaikan hasilnya,” ujarnya kepada torajadaily, Rabu 7 Agustus 2019.

Baca Juga: Gubernur Diminta Copot Kepsek SMKN 4 Tana Toraja


Terpisah, Ketua UPP Saber Pungli Kabupaten Tana Toraja, Kompol Jacob Lobo mengatakan, bahwa pungutan yang dilakukan di sekolah sama sekali tidak dibenarkan, apapun itu alasannya. Kecuali kata dia, ada hasil kesepakatan melalui komite sekolah,” ujar Jacob

“Perlu diketahui, ada perbedaan yang jelas antara sumbangan dan pungutan. Jika pengumpulan dana yang dilakukan dengan cara memberikan batasan nominal besaran dana yang wajib dibayarkan oleh orang tua siswa maka itu adalah Pungli,” Jelas Jacob yang juga Wakapolres Tana Toraja, saat dimintai tanggapan soal pungli.

“Sementara jika pengumpulan dana yang dilakukan itu tidak bersifat menetapkan batasan besaran nominal dan sifatnya sukarela maka itu kategorinya sumbangan,” sambungnya.

Dia menambahkan, sebagai dasar dilakukannya pengumpulan dana dari orang tua siswa melalui komite sekolah tertuang dalam Permendikbud No. 75 tahun 2016. (*)



alterntif text

Advertisement
Advertisement

Facebook

Trending