Pariwisata

Merinding! Disambar Petir, Ibu Hamil Jadi Batu

Batu Kia'tang

TORAJADAILY.COM, SANGALLA – Seorang Ibu yang tengah hamil menjadi sebongkah Batu gegara disambar petir. Selain Dia, tiga orang anaknya yang masih kecil pun turut menjadi batu.

Tapi tunggu dulu, ini bukanlah kisah nyata. Tapi hanya sebuah Mitos yang sudah turun temurun dan masih terjaga di objek wisata Danau Assa, Lembang Turunan, Kecamatan Sangala, Tana Toraja.

Dikisahkan, kejadian ini bermula saat seorang wanita paruh baya yang tengah hamil bersama tiga orang anaknya sedang berjalan di tepi Danau Assa. Kala itu, hujan deras hingga mereka memutuskan berteduh di mulut Goa. Namun, tiba-tiba kilatan petir datang menyambar dan mengenai sang ibu beserta anaknya. Akibatnya, satu keluarga ini pun mendadak menjadi batu.

Batu ini dapat kita jumpai jika berkunjung ke Danau Assa. Warga setempat menyebutnya Batu Kia’tang (Batu Hamil). Batu ini menyerupai ibu hamil. Disampingnya, ada juga batu berbentuk seperti beberapa anak kecil saling bergandengan tangan.

Meski hanya Mitos, namun¬†masyarakat setempat percaya kisah ini benar-benar terjadi. Tak heran batu Kia’tang yang terletak di mulut Goa Assa ini pun dianggap keramat oleh warga.

“Kisah ini sudah turun temurun diceritakan dari nenek. Makanya kami menghormati Batu Kia’tang ini sampai sekarang,” tutur Ambe’ Palino Tandila yang tinggal dekat danau Assa kepada Torajadaily, Sabtu 6/1/2018.

Objek wisata Danau Assa sendiri menyimpan banyak mitos yang diyakini warga setempat. Diantaranya, Lo’ko Tarru’ (Gua tembus ), Posi’ (mata air), Batu Papan (tempat istirahat para pengunjung), lesunna (dataran yang paling rendah yang ditengah danau ). Selain itu, Lo’ko’ Deata ( Goa Dewata), Balayang Kaduaya , Siguntu (harus jongkok jika akan mengambil ikan didalamnya).

Selain menyimpan Mitos, Danau Assa juga menawarkan panorama alam menarik dan indah di pandang mata bagi pengunjung. Gugusan tebing yang menjulang angkuh di tengah danau menambah nuansa mistis.

Air danau juga unik, sebab, memiliki dua warna. Kadang berwarna Hijau dan Biru.

Namun sayang, objek wisata air ini belum dikelola secara maksimal oleh Pemerintah Kabupaten Tana Toraja. Padahal, Danau Assa’ ini sangat potensial mendatangkan wisatawan. (Ima)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top