torajadaily.com

Olahraga

Minim Pembinaan Atlit, Warga Sentil Pemda Tana Toraja Lewat Turnamen Sepak Takraw

atlet Asean School Yudi Kristianto saat melakukan Smash

TORAJADAILY.COM, TANA TORAJA – Sebanyak 16 Tim Sepak Takraw se Toraja mengambil bahagian dalam turnamen Toraya Maelo Cup (TMC). Meski hanya berskala lokal namun turnamen sepak takraw yang diinisiasi warga Makale itu mampu menyedot ratusan penonton.

Keikutsertaan atlit Nasional yang berkiprah di tingkat Asean Games menjadi magnet tersendiri bagi masyarakat yang berbondong-bondong datang menyaksikan turnamen yang dilaksanakan di area pasar sentral Makale itu. Atlit Nasional itu adalah Yudi Kristianto yang memperkuat Timnas Indonesia dalam Tournament Asean School di Thailand 2016. Talenta muda Tana Toraja itu turun bertanding bersama clubnya Karya Mandiri di Toraya Maelo Cup.

“Mempererat tali persaudaraan Sang Torayan sekaligus mencari bibit potensial anak muda Toraja di cabang olaraga sepak takraw adalah tujuan turnamen ini,” ujar Paulus Tappi penggagas TMC 4/8/2017.

Paulus yang akrab disapa Pong Serli mengaku turnamen yang diselenggarakan penuh keterbatasan itu melibatkan pemuda serta masyarakat kelurahan Tondon Mamullu, Kecamatan Makale. Kata Dia turnamen ini digelar bukan untuk mencari untung tapi dimaksudkan menjadi wadah silahturahmi sekaligus untuk memperingati hari kemerdekaan RI ke 72 tahun.

“Semoga Pemerintah daerah Tana Toraja tersingung dengan turnamen ini. Terimakasih untuk Segeri telah menyediakan tempat ini juga kepada beberapa pihak yang telah membantu terlaksananya kegiatan ini,” jelasnya.

Pong serly berharap tournament yang kali pertama digelar di Toraja ini dapat menjadi momentum lahirnya turnamen berikutnya di masa akan datang. Dia juga berharap pemerintah daerah bisa lebih respon guna melakukan pembinaan anak anak muda Toraja di bidang olahraga.

Tornamen ini berlangsung sejak 31 Juli dan masih tahap penyisihan dengan sistim setengah kompetisi. Turnamen ini dibuka oleh Wakil Bupati Tana Toraja Victor Datuan Batara (VDB) beberapa waktu lalu.

“Toraja memiliki potensi di cabang olah raga sepak takraw. Nah ketika potensi itu tidak dimaksimalkan dengan pembinaan Toraja akan jauh tertinggal. Kita berharap dukungan pemerintah daerah,” pungkasnya. (dy)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top