Connect with us
alterntif text

Peristiwa

Musim Kemarau Berpotensi Akibatkan Kebakaran, ini Buktinya

Published

on

alterntif text

TODAY, MAKALE – Musim kemarau ditambah suhu panas berpotensi menyebabkan kebakaran. Seperti kebakaran yang terjadi di gunung batu, Kelurahan Ariang, Kecamatan Makale, Tana Toraja.

Akibat suhu panas, memicu timbulnya titik api (hotspot) kemudian membakar semak belukar yang tumbuh diatas gunung batu.

Kepala BPBD Tana Toraja, Alfian Andilolo mengatakan, peristiwa tersebut terjadi pada Kamis, 8 Agustus 2019, sekira pukul 16.00 Wita.

“Kabupaten Tana Toraja ini dalam musim kemarau dan panas dalam beberapa hari hingga membuat gunung batu terbakar yang diatasnya tumbuhi rumput. Areal yang tebakar sekitar 2 hektar,” ujarnya kepada torajadaily, Jumat 9 Agustus 2019.


Beruntung kebakaran ini bisa segera tertangani hingga tidak meluas ke pemukiman penduduk. Upaya pemadaman dilakukan warga bersama petugas petugas pemadam kebakaran, TNI dan Polri.

Sebelumnya, menyikapi musim kemarau ini, Kepala BPBD Tana Toraja telah mengingatkan warga agar berhati hati menyalakan api, sebab dapat memantik terjadinya kebakaran.

“Hati-hati menyalakan api baik untuk membakar sampah maupun lahan. Alam Toraja sudah kering jadi diantisipasi guna tindakan pencegahan. Kadang kebakaralahn terjadi karena kelalaian kita sendiri,” imbau Alfian. (*)



alterntif text

Advertisement
Advertisement

Facebook

Trending