Connect with us
alterntif text

Layanan Masyarakat

Muslimin Bando Apresiasi Aksi Donor Darah oleh Komunitas Motor Bold Riders Toraja Enrekang

Published

on

alterntif text

TODAY, ENREKANG – Kegiatan donor darah ‘Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri 2021’ yang dilakukan oleh komunitas Bold Riders Toraja Enrekang mendapat apresiasi dari Bupati Enrekang, Muslimin Bando. Kegiatan ini berlangsung di RSUD Massenrempulu, pada 22-23 Oktober 2021.

alterntif text

Fajar Siswanto dan Akhkamil H Natsir, selaku Penanggung Jawab Bold Riders Toraja Enrekang mengatakan Bupati Enrekang yang juga merupakan Ketua PMI Kabupaten Enrekang sangat berterima kasih atas apa yang telah dilakukan anak-anak motor di Enrekang. Apalagi donor darah tersebut dilakukan saat RSUD Massenrempulu kekurangan stok darah.

“Bapak Bupati sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas kegiatan donor oleh teman-teman komunitas. Beliau berharap, aksi ini bisa menjadi contoh dan motivasi bagi komunitas lain di Enrekang demi ketersediaan stok darah,” kata Akhkamil, Selasa (27/10/2021).

Selain di Enrekang, kegiatan donor darah juga digelar di RSUD Lakipadada, Tana Toraja. Kegiatan ini melibatkan CVC Enrekang, YVCI Enrekang, YVCI Toraja, Riderhood Toraja, dan PCX Toraja.

“Proporsi jumlah pendonor berhasil di Kabupaten Tana Toraja tahun ini lebih banyak dibanding Enrekang. Dalam kegiatan donor darah di Toraja dan Enrekang ini berhasil terkumpul 40 kantong darah dari total 61 peserta,” kata Fajar Siswanto.

alterntif text

Aktivitas donor darah oleh komunitas di Enrekang dan Tana Toraja ini merupakan bagian dari Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Area (Kolaborasi KITA). Mereka juga ikut terlibat dalam pembuatan dan pemecahan rekor dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

Kolaborasi KITA terus mengambil inisiatif menggelar berbagai kegiatan yang berdampak positif kepada masyarakat. Di bulan Oktober 2021 ini, yang bertepatan dengan bulan Sumpah Pemuda, Kolaborasi KITA menggerakkan lebih dari 800 komunitas di 88 kota/kabupaten di wilayah Indonesia Timur untuk terlibat dalam kegiatan donor darah.

Bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) di berbagai kota/Kabupaten, Kolaborasi KITA menyelenggarakan kegiatan ‘Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri 2021’. Kegiatan yang melibatkan berbagai komunitas besar seperti Super Friends, Bold Riders dan Karang Taruna (Karta) Heppiii Community ini sekaligus membuktikan komitmen dan konsistensi Kolaborasi KITA dalam mengembangkan jiwa sosial dan kepedulian kepada sesama di antara beragam komunitas di Indonesia Timur.

Kegiatan Donor Darah ini juga diharapkan akan memecahkan rekor MURI. Ada dua kategori rekor MURI yaitu donor darah di kota dan kabupaten terbanyak dan pemecahan rekor donor darah oleh komunitas terbanyak.

Sebelumnya di tahun 2020, Kolaborasi KITA juga telah mendapat penghargaan MURI yaitu Donor Darah oleh Komunitas Terbanyak dan Donor Darah oleh Karang Taruna (Karta) Terbanyak. Kedua rekor MURI itu diperoleh dalam program donor darah bertajuk ‘Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri 2020’ yang digelar pada bulan Sumpah Pemuda, Oktober 2020. (*)

alterntif text
alterntif text
alterntif text

Trending