Torajadaily.com

Pilkada

Pagelaran Seni Budaya, Kreatifitas KPU Tana Toraja Guna Tingkatkan Partisipasi Pemilih

TODAY, MAKALE – Menyongsong satu tahun Penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) Komisi Pemilihan Umum Kabupaten (KPU) Tana Toraja akan menyelenggarakan Pagelaran Seni Budaya Toraja. Kegiatan ini mengusung tema “Melalui Seni Budaya Toraja Kita Membangun Pemilih Berdaulat untuk Mensukseskan Pemilu Serentak 2019”.

“Iya pagelaran seni budaya Toraja akan kita laksanakan Sabtu, 21 April 2018 mendatang. Lokasi di Panggung Pasar Seni Makale,” ujar Ketua KPU Tana Toraja, Rizal Randa, Selasa (17/4).

Adapun kesenian budaya lokal yang akan ditampilkan antara lain, Tari Manimbong, Madondo, Ma bebe, Ma’ Bugi’, Ma’Gellu. Selain tari ada  juga petunjukan alat musik tradisional seperti, Ma’geso, Ma’ Suling, Ma’ Pelle, dan Ma’ Bombang.


Rizal mengatakan, panggung seni budaya lokal yang akan dilaksanakan ini merupakan terobosan yang dilakukan pihaknya. Jika selama ini sosialisasi pemilu yang dilakukan hanya berupa diskusi serta gerak jalan kini dicoba dengan pentas Seni dan Budaya

Kata Rizal Toraja sebagai daerah yang kental dengan adat dan budaya diharap mampu meningkatkan partisipasi warga dalam Pilkada dan Pemilu melalui panggung seni budaya lokal.

“Mudah mudahan dengan begitu, partisipasi warga Tana Toraja dapat meningkat lagi,” jelas Rizal.

Rencananya usai panggung seni budaya lokal KPU Juga akan mengadakan lomba debat dan penulisan essay terkait Piljada dan Pemilu.

“Lomba ini khusus tingkat SMU/SMK sederajat. Sasaran kita partisipasi para pemilih pemula,” pungkasnya. (Atj)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top