Pemerintahan

Parah! Daerah Pariwisata Jalannya Mirip Kubangan Kerbau

TODAY, SESEAN SULUOARA – Selain jalan menuju Objek Wisata Kete’ Kesu yang mengalami kerusakan parah, ternyata jalan menujuh Objek Wisata Lo’ko Mata dan Objek Wisata Mentiro Tiku juga rusak parah. Parahnya lagi, jalan menuju objek wisata ini sudah berlubang dan mirip kubangan kerbau. Titik terparah dibagian Bori’ Ranteletok.

Kerusakan jalan ke objek wisata ini dikeluhkan oleh pengelolah objek wisata Mentiro Tiku, Alan Tonapa, yang berada di Batutumonga, Lembang Suloara, Kecamatan Sesean Suloara. Menurutnya ada beberapa titik yang sudah sangat parah, bahkan untuk dilalui bus parawisata saja sudah tidak memungkinkan.

Selain itu menurut Alan Tonapa, Wisatawan juga ikut mengeluhkan buruknya insfratruktur menuju objek Tersebut.

“Jalanan menuju Batutumonga kondisinya sudah rusak parah,  banyak wisatawan mengeluh dengan keadaan jalan seperti ini,” ujar Alan dengan nada kesal.

Sulitnya diakses wisatawan akibat jalan rusak, jelas ini dapat mengurangi minat pengunjung, bahkan menurut Alan, sebelumnya tamu yang akan berkunjung ke objek wisata Mentiro Tiku batal datang karena mobil yang mereka tumpangi tidak bisa melalui jalan yang rusak.

“Sampai-sampai kemarin tamu yang mau makan 50 pax akhirnya tidak jadi naik, terpaksa makanannya dibungkus dan diantarkan langsung ke Hotel di Rantepao karna mobil atau bus yang mereka tumpangi tidak bisa naik,” terang Dia.

Pemuda Asal Batutomonga ini, berharap Pemerintah Kabupaten Toraja Utara sesegera mungkin memperbaiki jalan tersebut, selain menjadi citra buruknya pengelolaan insfratruktur ke objek wisata, ini juga jelas merugikan masyarakat setempat yang setiap harinya harus berjuang melalui jalanan yang berlubang dan rusak parah.

“Bisa kah kepada pemerintah secepatnya memperbaiki jalanan ini, karna sudah sangat parah kondisinya, kasihan wisatawan dan masyarakat yang setiap harinya harus berjuang melalui jalanan ini,” harap Alan. (Ajhie Ajie)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Trending

To Top