torajadaily.com

Pariwisata

Pemandangan Indah Ini Hanya Ada di Masanda, Ayo Berkunjung

TORAJADAILY.COM, MASANDA – Kecamatan Masanda, Tana Toraja, memiliki banyak spot panorama alam yang indah tapi belum maksimal dieksplor. Salah satu spot yakni bukit Pa’balodoan yang berada di Lembang Sese Salu.

Di pa’balodoan ini mata pengunjung akan dimanjakan dengan hamparan areal persawahan yang tertata dengan apik. Selain itu, jejeran perbukitan yang berdiri angkuh kian menahbiskan eksotisme Pa’baladoan.

Bagi masyarakat setempat Pa’baladoan memiliki nilai history tinggi. Pa’baladoan adalah tempat menabuh gendang jikalau ada bangsawan Masanda yang meninggal dunia.

“Masih terpelihara dan secara turun temurun masih kental kearifan adat dan budaya,” ucap Welem Sambolangi, salah seorang Tokoh Masyarakat Masanda, Sabtu, 21/10/2017.

Dikatakan Welem, masyarakat adat setempat sangat antusias guna menjadikan Pa’baladoan menjadi destinasi wisata baru di Tana Toraja. Guna mendukung itu, warga juga rela menghibahkan tanahnya kepada pemerintah untuk dikelola.

“Luas 10 hektar tanah adat dihibahkan warga. Warga dukung Pa’baladoan jadi objek wisata. Warga berharap akses jalan dan penyediaan kelengkapan parawisata bisa dipercepat,” jelas Welem yang juga ketua DPRD Tana Toraja.

Diuraikan Welem potensi lain yang dimiliki bukit Pa’baladoan adalah berbatasan langsung dengan wilayah administrasi kabupaten Mamasa. Dengan kata lain bisa melihat langsung dua wilayah di dua Provinsi.

“Penasaran dengan Bukit Pa’baladoan, ayo berkunjung. Dijamin tidak akan menyesal,” pungkas Welem sembari promosi. (Ima).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top