alterntif text
Pemerintahan

Pemkab Tana Toraja Ronda Antisipasi Ikan Berformalin

TORAJADAILY.COM, MAKALE – Dinas ketahanan pangan Tana Toraja mengawasi ketat jalur distribusi ikan yang masuk ke Toraja. Pengawasan dilakukan dengan memberlakukan sistim Ronda di gerbang pintu masuk kabupaten Tana Toraja.

Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Perikanan, Dinas Ketahanan Pangan, Natalia Batara, mengatakan pihaknya bertekad membebaskan warga Tana Toraja dari kandungan ikan berformalin. Ikan-ikan yang masuk kata Natalia, harus menjalani tes bebas formalin baru setelah itu dipersilahkan masuk.

“Ikan yang masuk menggunakan kendaraan box maupun gandengan harus diuji dulu. Kita siapkan tim yang memang sudah bersertifikasi untuk menguji ikan-ikan yang masuk, baik dari wilayah Utara maupun Selatan. Kita stanby di dua titik,” ujar Natalia yang ditemui di perbatasan Tana Toraja-Toraja Utara, Kamis (14/12) malam.

Dijelaskan Natalia, pengawasan ketat dilakukan bukan hanya karna menyambut Hari Raya Natal dan Tahun Baru saja, akan tetapi merupakan program berkelanjutan yang telah dilakukan sebelumnya. Guna memaksimalkan, kata Natalia, pihaknya turut melibatkan Disperindak, Satpol PP serta Kepolisian.

“Tidak ada standar yang diberlakukan, pokoknya kalau ada kandungan formalin biar sedikit saja kita tidak akan biarkan masuk Toraja. Jadi para pedagang ikan berformalin jangan coba masuk Tana Toraja,” tegasnya.

“Kegiatan ini sudah kami lakukan sejak tiga hari dan sejauh ini belum ada yang terjaring. Tapi bukan berarti berhenti, malah kita akan perketat awasi,” pungkasnya. (atj)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

alterntif text

Trending

To Top