Connect with us
alterntif text

Pemerintahan

Pemkab Tana Toraja Serahkan Dokumen Lahan BBK ke Kemenhub

Published

on

TORAJADAILY.COM, MAKALE – Dua tahun mangkrak, pembangunan Bandar Udara baru di Toraja, Bandara Buntu Kunik (BBK) akhirnya dilanjutkan kembali. Hal itu ditandai dengan serah terima Asset Tanah BBK dari Pemerintah Kabupaten Tana Toraja ke Kementrian Perhubungan, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kantor UPBU kelas III Pongtiku Tana Toraja.
Serah terima asset dilakukan langsung Bupati Tana Toraja, Nicodemus Biringkanae ke Kepala Otoritas Bandar Udara Wilayah V Makassar, Kementrian Perhubungan, Agus Priyanto, di Hotel Pantan, Makale, Senin (12/3/2018).
“Ini adalah tindak lanjut kerinduan masyarakat Toraja, terbangunnya bandara baru, BBK,” ujar Bupati saat menyampaikan sambutan.

 
Dikatakan Nico, keseluruhan pembebasan lahan BBK telah diselesaikan pemerintah kabupaten Tana Toraja. Kendati begitu lanjutnya, tidak dipungkiri masih ada proses yang diselesaikan di Pengadilan Negeri Makale.
Dia menjelaskan pemerintah kabupaten siap memberikan bukti pembayaran lahan BBK juga sampai proses persuratan ke Badan Pertanahan. Hal tersebut sebagai bukti bahwa pemerintah kabupaten sementara dalam proses pembuatan fisik sertifikat tanah.
“Beri kami waktu untuk mempercepat penyelesaian fisik sertifikat dengan arif dan bijaksana. Itu semua sudah berproses. Kami sebagai pemerintah daerah siap memfasilitasi jika ada hal-hal yang dibutuhkan disana,” terang Mantan Kepala Dinas Koperasi Provinsi Sulawesi Selatan itu.

 
Pada kesempatan itu juga Nico mengajak seluruh masyarakat Toraja untuk mendukung penuh penyelesaian BBK. “Seluruh masyarakat Toraja, baik diaspora Marimi kita bersama-sama, bahu membahu, bekerja sama menyelesaikan pembangunan BBK. Hadirnya BBK sangat penting untuk Pariwisata Toraja sekaligus peningkatan ekonomi masyarakat,” harap Nico diakhir sambutannya.

Sementara Kepala Badan Pendapatan dan Pengelolaan Kekayaan Asset Daerah (BPKKAD) Tana Toraja, Margaretha Batara yang turut hadir di acara serah terima asset memastikan pihaknya akan segera bekerja menyelesaikan fisik sertifikat.
“Pokoknya kita akan segera selesaikan,” Singkat Margaretha kepada Torajadaily.com.
Serah terima asset ini sendiri disaksikan Dandim 1414 Tana Toraja, Kapolres Tana Toraja, Kejaksaan Negeri Makal serta Stakeholder.
Untuk diketahui Disisi lain pembangunan fisik BBK juga telah dimulai sejak 19 Februari 2018. Pengerjaan yang dilakukan pembangunan Box Culver dengan anggaran Rp 54 M. (Atj)

Trending