Connect with us

Peristiwa

Pemkab Ziarah ke Makam Tokoh Pemekaran Toraja Utara M.B Bangalino

Published

on

TODAY, RANTEPAO – Mendiang Kolonel Penerbang (Purn) M.B Bangalino memiliki jasa besar atas terbentuknya Kabupaten Toraja Utara.

Kelahiran kabupaten termuda di Provinsi Sulawesi Selatan itu tak lepas dari peran Bangalino.

Kala itu M.B Banggalino merupakan ketua panitia pemekaran Kabupaten Toraja Utara yang pertama.

Sebagai penghargaan, Pemkab Toraja Utara melakukan ziarah ke makam Bangalino serta enam tokoh pemekaran lainnya, di kelurahan Panga’, Kecamatan Kesu’, pada Senin (19/7).

Ziarah ini dilakukan menjelang peringatan HUT kabupaten Toraja Utara yang ke-13.

Kegiatan tersebut sudah menjadi agenda tahunan pemerintah Kabupaten Toraja Utara.

Upacara di Makam Mendiang M.B Bangalino

Ziarah diawali dengan pelaksanaan upacara penghormatan dipimpin Wakil Ketua DPRD Toraja Utara, Calvin P Tondok sebagai pembina upacara.

Dalam amanatnya, Calvin mengungkap tujuan pemekaran Toraja Utara dari induknya Kabupaten Tana Toraja, yakni dapat mandiri dan lebih baik dalam hal pelayanan ke masyarakat.

Ia berharap apa yang telah diperjuangkan oleh para tokoh pemekaran dapat dipertahankan dan dijaga oleh generasi kini dan mendatang.

“Apa yang telah dipikirkan dan direncanakan oleh tokoh-tokoh pemekaran, kita harus jaga, pertahankan dan harus lebih baik lagi,” katanya.

Usai upacara dilanjutkan dengan tabur bunga ke makam M.B Bangalino oleh peserta upacara.

Hadir istri serta anak mendiang M.B Bangalino, yang juga Kepala Dinas Sosial Toraja Utara, Mira Bangalino. Ia didampingi Kepala Kejaksaan Negeri Tana Toraja, Jefri P Makapedua yang tak lain suami Mira Bangalino.

Mewakili keluarga, Jefri berharap apa yang telah diperjuangkan mendiang M.B Bangalino bersama tokoh pemeran lainnya dapat diteruskan oleh seluruh masyarakat Toraja.

“Salah satunya bekerja keras dalam mengisi proses pembangunan demi meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat di Toraja Utara,” harap Jefri.

Perayaan HUT Toraja Utara sendiri akan digelar pada 21 Juli 2021 mendatang. Mengingat masih dalam situasi pandemi, edisi kali ini perayaannya digelar di hotel Misiliana. (*)

alterntif text

Trending