Connect with us

Peristiwa

Presiden Jokowi Resmikan PLTA Malea

Published

on

VDB Bersama Tamu Undangan Usai Peresmian PLTA Malea

TODAY, MAKALE SELATAN – Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Malea yang terletak di Kecamatan Makale Selatan, Tana Toraja kini resmi beroperasi.

PLTA Malea memiliki kapasitas 2×45 (90) Mega Watt diresmikan bersamaan dengan PLTA Poso secara virtual oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), Jumat, 25 Februari 2021.

Diketahui PLTA Malea dan PLTA Poso bernaung dibawah bendera PT Bukaka yang merupakan perusahan milik Wapres Jusuf Kalla (JK)

Dalam sambutannya, JK menjelaskan hadirnya PLTA Malea ini guna membantu pemerintah RI mencapai target pengurangan emisi di tahun 2025. Sehingga kata dia, di tahun 2060 nanti Indonesia sudah zero emisi.

Ia mengatakan, Indonesia memiliki banyak sungai yang dapat dimanfaatkan sebagai energi baru terbarukan (EBT).

“Sumber listrik PLTU investasinya lebih murah, tapi operasionalnya mahal. Kalau PLTA investasinya mahal dua kali lipat tapi operasionalnya murah,” kata JK.

Selain itu JK juga menceritakan proses pengerjaan proyek PLTA Malea, dimana menemui beberapa kendala seperti rumitnya pemasangan turbin yang mesti presisi. Hingga, lanjut dia pihaknya menemukan tenaga dari bandung.

“Pihak PLN dan Perbankan juga sempat meragukan, nanti di pembangunan 50 persen PLN baru percaya, dan mulai ikut membiayai pembangunan PLTA ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Viktor Datuan Batara (VDB) selaku pimpinan PLTA Malea, mengatakan, PLTA Malea akan menyuplai listrik secara interkoneksi se-Sulsel.

Menurut Ketua Golkar Tana Toraja ini, nantinya PLN akan membeli listrik per kwh ke PLTA Malea.

“Kapasitas yang dibutuhkan PLN saat ini 60 persen daya mampu dari PLTA Malea. Jika 90 Mw, PLN butuh 60 persennya. Setiap jam kita kirim,” kata VDB usai peresmian, di PLTA Malea.

Peresmian PLTA Malea sendiri dihadiri oleh Plt Asisten Pemerintahan Tana Toraja, Maraya, Ketua DPRD Tana Toraja Welem Sambolangi, sejumlah Anggota Fraksi Golkar serta Camat dan Kepala Lembang. (*)

Trending