alterntif text
Pemerintahan

Proyek Pelebaran Poros Lembang Limbong-Batusura' Merugikan Warga. Ini Sebabnya

TORAJADAILY.COM, REMBON – Proyek pelebaran poros Lembang Batu Sura- Limbong di Kecamatan Rembon telah selesai dikerjakan. Akan tetapi proyek yang menghabiskan anggaran Rp189 juta bersumber dari APBD Tana Toraja TA 2017 itu menuai keluhan warga.

Pasalnya, pekerjaan proyek jalan tanpa dibarengi pembangunan Talud itu, menyebabkan badan jalan poros tersebut dipenuhi lumpur saat hujan turun. Akibatnya, aktifitas warga setempat terhambat.

“Bukannya tidak bersyukur, tapi kalau seperti ini kondisinya malah jadi petaka bagi kami. Total anggarannya Rp189 juta,” keluh Samuel Tumanan, salah seorang warga Batusura, (6/3/2018).

Dikatakan Samuel, idealnya, pelebaran jalan itu harusnya di talud terlebih dahulu sebelum pengerjaan pelebaran jalan. Sehingga, material tanah tidak terseret air hujan air apalagi pada musim hujan.

“Harusnya kan ada talud untuk menahan air. Terkait ini kami sudah laporkan ke bapak wakil bupati Victor Datuan Batara juga ke anggota DPRD Sony Palullungan yang datang langsung meninjau,” jelas Dia.

Disisi lain, proyek dengan Klasisfikasi Penunjukan Langsung (PL) itu juga mendapat sorotan dari Ikatan Mahasiswa Toraja Barat (IMTB). Bahkan IMTB menyebut proyek tersebut merupakan proyek yang tidak jelas, sebab dari segi perencanaan dan pengerjaannya terkesan abal-abal.

“Kita bersyukur kepada pemerintah ada pembangunan di wilayah barat. Tapi kalau hasilnya begini kami sangat kecewa karena malah merugikan masyarakat,” ujar Dewan Pembina IMTB, Amiruddin kepada Torajadaily.com.

Tidak sampai disitu, hasil penelusuran IMTB yang terjun langsung ke lokasi mendapati indikasi dugaan adanya penyimpangan pengerjaan proyek. Baik pembiayaan maupun volume pekerjaan.

“Hasil diskusi dengan warga setempat diduga terjadi kekurangan volume yang seharusnya sepanjang 2 Km. Kami meminta kepada bapak Wakil Bupati Victor Datuan Batara untuk cepat menyelesaikan permasalahan ini,” harap Amiruddin.

“Jika tidak ada tanggapan kami akan turun demo,” lanjut Amiruddin tegas. (Atj)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

alterntif text

Trending

To Top