Connect with us
alterntif text

Pemerintahan

Rawan Diintervensi Penguasa, Wakil Bupati Larang PNS Tana Toraja Daftar Bawaslu

Published

on

TODAY, MAKALE – Wakil Bupati Tana Toraja Victor Datuan Batara mewarning Pegawai Negeri Sipil (PNS) lingkup Pemerintah Kabupaten Tana Toraja terkait perekrutan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).


Dengan tegas Victor mengatakan tidak akan memberi izin satupun PNS yang akan menjadi anggota Bawaslu Kabupaten Tana Toraja.

“Tidak boleh. Kami tidak akan memberi ijin atau surat rekomendasi dengan alasan apapun,” tegas Victor saat dikonfirmasi Torajadaily.com, Rabu (4/7).

Kendati tidak ada aturan baku yang melarang PNS terlibat sebagai penyelenggara Pemilu namun kata Victor khusus di kabupaten Tana Toraja pihaknya memberlakukan itu.


“Bila mendaftar dan nantinya terpilih menjadi Bawaslu, tugas pokoknya sebagai aparatur pemerintah akan terbengkalai. Selain itu Pemkab Tana Toraja saat ini juga kekurangan SDM,” ujar Victor menjelaskan alasan pelarangan.

Menurut Victor orang-orang yang terlibat dalam penyelenggaraan pemilu adalah yang benar-benar netral. Sementara jika PNS jadi anggota Bawaslu, netralitasnya masih diragukan karena bisa saja terkontaminasi intervensi penguasa di daerahnya.

“Rawan diintervensi. Jadi yang tetap ingin mendaftar boleh-boleh saja dengan ketentuan harus mundur sebagai PNS,” tegas Victor.

Diketahui pendaftaran Bawaslu se-Kabupaten/ Kota akan berakhir hari ini. Informasi yang dihimpun Torajadaily.com, sejumlah ASN lingkup Pemkab Tana Toraja juga ikut mendaftar. (ASN)

Advertisement
Advertisement
alterntif text

Facebook

Trending