Connect with us
alterntif text

Budaya

Sangat Cinta Toraja, Gadis Bugis ini Sampai Merinding Kala Bawa Tongkonan di Atas Kepalanya

Published

on

alterntif text


TORAJADAILY.COM, MAKASSAR – Gadis cantik bernama Lareyzha Echa Lahaseng, merasakan daya magis saat membawa miniatur Tongkonan diatas kepalanya.
Gadis berdarah Bugis itu merinding bercampur bangga, apalagi ketika melintas dihadapan Gubernur Sulawesi Selatan, Sahrul Yasin Limpo.
“Rasa bangga itu bangga diatas segalanya. Bangga sampai merinding bawa ini (Tongkonan) depan bapak Gubernur,” ujar Echa kepada torajadaily.com, 18/10/2017.
Echa adalah salah satu peserta karnaval peragaan busana yang digelar Pemprov Sulsel dalam rangkaian Hari jadi Sulsel ke 348.
Dalam lomba itu Echa bersama timnya mengenakan busana bertema etnic Toraja. Tidak hanya Tongkonan, Echa yang mewakili tim Dterong juga megenakan pakaian adat toraja berikut aksesorisnya.
“Pakai kostum ini sebenarnya gak gampang, ribet banget malah. Mana berat banget, hampir 20 kilo,” kesan Echa.

Echa mengungkap, tantangan terbesarnya menggunakan pakaian etnic Toraja adalah angin. Yang mana dirinya harus berusaha mengimbangi angin agar Tongkonan diatas kepalanya bisa tetap berdiri tegak.
Saat ditanya alasan menggunakan kostum Toraja, Echa menjawab, semua karena Cinta.
“Karena kecintaan saya pada semua unsur yang ada Torajanya sehingga keinginan untuk memakai baju Toraja full set, baju Toraja asli bukan yg modifikasi pun tercapai,” aku Dia.
Tak lupa Dia juga memberi ucapan selamat hari ulang tahun sulsel yang ke-348 “harapan saya, Sulsel tetap berjaya dengan keanekaragamannya,” pungkas Echa menambahkan. (Ima)
Baca: forum budaya anak toraja cari anggota minat begini cara daftarnya
 



alterntif text

Advertisement


alterntif text

Advertisement

Facebook

Trending