Connect with us
alterntif text

Hukum & Kriminal

Sebelum Tewas, Pite Sempat Duel Parang Dengan Kepala Dusun

Published

on

TODAY, MAKALE – Penyidik masih mendalami Kasus Pembunuhan di Dusun To Garuga’, Lembang Sesean Matallo, Kecamatan Sesean Suloara, Toraja Utara.

Kasat Reskrim Polres Tana Toraja, AKP Jon Pairunan mengatakan sebelum tewas korban Pither alias Pite (47) sempat berduel parang dengan Pelaku berinisial DD (44) yang juga seorang Kepala Dusun.

“Hasil pemeriksaan sementara dari saksi mata dan pelaku, kasus dipicu masalah Kartu keluarga (KK). Pelaku dianggap menghilangkan kartu KK korban. Antara pelaku dan korban masih ada hubungan keluarga,” ungkap Jon dalam Konferensi Pers di Mapolres Tana Toraja, Selasa 14 Mei 2019.

Dia menjelaskan kejadian bermula saat adik korban bernama Palele (44) mendatangi rumah pelaku bermaksud menanyakan soal KK. Tidak lama berselang, lanjut Jon, korban menyusul sang adik dengan membawa sebilah parang.


“Tanpa basa basi korban langsung membacok pelaku, namun parang korban tidak terhunus. Pelaku kemudian menendang pelaku dan lari keatas Rumah Tongkonan mengambil parang. Duel maut terjadi sekitar 2 menit,” jelas Jon sambil memperlihatkan dua buah parang milik korban dan pelaku sebagai barang bukti.

Setelah berduel, korban yang telah terluka karena bacokan berusaha lari tapi korban ambruk dan meninggal dunia tak jauh dari rumah pelaku. Adik korban yang masih berada dilokasi juga tak luput dari bacokan.

“Selesai kejadian pelaku kemudian melarikan diri ke arah Rantepao dan berhasil kita amankan. Tersangka dijerat dengan Pasal 338 KUHP dengan ancaman penjara maksimal 15 tahun,” pungkas Jon. (Atj)


Advertisement
Advertisement

Facebook

Trending