Connect with us

Advetorial

Sejarah! Bupati Theofilus Lepas Jamaah Calon Haji dan Tim Pesparawi Bersamaan

Published

on

Bupati Theofilus Allorerung bersama Forkopimda Melepas Kontingen Pesparawi Nasional XIII dan Jamaah Calon Haji Tana Toraja

TODAY, MAKALE – 17 Jamaah Calon Haji (JCH) dan Kontingen Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) dilepas bersamaan di ruang pola Kantor Bupati Tana Toraja, Sabtu (18/6/2022).

Toleransi beragama sangat nyata terlihat. JCH dan peserta lomba Pesparawi duduk bersama sebelum berangkat ke tujuan masing-masing.

“Ini sejarah baru bagi Tana Toraja. Keberangkatan jamaah haji ditentukan PPH, dan kontingen pesparawi oleh pemerintah pusat. Tak bisa dipungkiri, bahwa ini adalah petunjuk Tuhan bagi kita untuk hidup berdampingan satu dengan yang lain,” ungkap Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung dalam sambutan sesaat sebelum melepas peserta.

Sambutan Bupati Theofilus

Acara pelepasan dihadiri Wabup Tana Toraja Zadrak Tombeg serta Forkopimda dan diikuti sejumlah keluarga JCH dan Tim Pesparawi.

Forkopimda Tana Toraja

Bung Theo sapaan akrab Theofilus mengatakan, momentum ini juga untuk memperkokoh toleransi antar umat bergama di Toraja. Sekaligus semakin membuktikan bahwa Toraja adalah wajah Indonesia.

“Serta menjadi nilai yang menginspirasi kita untuk melakukan hal-hal terbaik sebagai manusia, bagi kesejahteraan, kemajuan daerah dan bangsa,” imbuhnya.

Kepala Kemenag Tana Wilayah Tana Toraja Menyerahkan Daftar Nama JCH 2022

Theofilus berharap, jemaah haji yang diberangkatkan ke tanah suci agar terus menjalin kekompakan. Dan, dapat melepaskan beban pikiran agar bisa khusyuk menjalani ibadah di Tanah Suci.

“Untuk kontingen Pesparawi, saya berdoa agar mendapat hasil yang maksimal,” tambah mantan Kepala Inspektorat Sulsel ini.

Bupati Theofilus dan Wabup Zadrak Bersama Tim Pesparawi Paduan Suara Wanita Tana Toraja

Untuk diketahui, pelepasan jemaah calon haji ini dilakukan setelah dua tahun tertunda akibat pandemi Covid-19.

Baca juga:

Bayar Hutang ke Kontraktor, Pemkab Tana Toraja Alokasikan Rp 25 Miliar

Sebelumnya, Kepala Kementrian Agama Wilayah Tana Toraja, Usman Senong mengatakan, tahun ini JCH yang diterima pemerintah Arab Saudi berkisar 1 juta orang. Dari jumlah itu, Indonesia mendapat kuota 50 persen.

“Sebelumnya Tana Toraja sesuai kuota nasional sebanyak 34 orang, namun kita hanya bisa memberangkatkan 17 sesuai peraturan pemerintah Arab Saudi,” papar Usman dalam laporannya.

Jamaah Calon Haji Tana Toraja

17 jamaah calon haji yang diberangkatkan terdiri dari enam laki-laki dan 11 perempuan. Sebelum diberangkatkan, mereka menjalani tes PCR Covid-19, dan hasilnya negatif.

JCH Tana Toraja tergabung dalam kloter 03 Embarkasi Makassar bersama Toraja Utara, Makassar, dan Bone.

Bupati Theofilus Serahkan Bendera Merah Putih kepada Ketua Rombongan JCH Tana Toraja untuk Dikibarkan di Arab Saudi

Serupa dengan Kontingen Paduan Suara Wanita utusan Sulawesi Selatan di Pesparawi XIII, Jogja, yang berjumlah 28 orang dan 8 official. Mereka yang rencananya akan berangkat ke Jogja pada Minggu malam (19/6) juga telah divaksinasi dan Booster sesuai dengan syarat yang diberikan Panitia Nasional.

Tim Paduan Suara Wanita akan berangkat bersama Tim Paduan Suara Perwakilan Sulawesi Selatan lainnya. Diantaranya Paduan Anak, Paduan Suara Dewasa Campuran dan Panduan Suara Pria.

Bupati Theofilus Menyematkan Jaket Kepada Ketua Tim Pesparawi Nasional XIII Paduan Suara Wanita Tana Toraja

Sebelum pelepasan, Ketua Lembaga Pengembangan Pesta Paduan Suara Gerejawi Daerah (LPPD) Tana Toraja Yohanis Lintin Paembongan dalam laporannya menyampaikan persiapan tim paduan suara wanita Tana Toraja menuju Pesparawi Nasional XIII di Jogja.

“Tim Pesparawi paduan suara wanita LPPD Tana Toraja ini telah melakukan persiapan sejak bulan Februari yang lalu. 50 kali latihan resmi dilatih 3 pelatih lokal serta LPPD mendatangkan pelatih profesional,” kata Yohanis yang juga Wakil Ketua DPRD Tana Toraja.

Ketua LPPD Tana Toraja Yohanis Lintin Paembongan dan Tim Pesparawi Paduan Suara Wanita Tana Toraja

Selain itu, Yohanis juga menyampaikan apresiasi atas dukungan pemerintah kabupaten Tana Toraja serta Kemenag kepada tim pesparawi paduan suara wanita LPPD Tana Toraja hingga siap diberangkatkan.

“Terima kasih setinggi tingginya kepada Bupati, Pemkab Tana Toraja yang memberikan dukungan luar biasa kepada LPPD khususnya paduan suara wanita sehingga dipercayakan mewakili Sulsel di Pesparawi Nasional XIII di Jogja,” tutup Yohanis. (*)

Trending