Connect with us

Pendidikan

Setahun Kuliah, Ratusan Mahasiswi Stikes Lakipadada ini Siap “Pakai” di Rumah Sakit

Published

on

TODAY, MAKALE SELATAN – Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Lakipadada melakukan Bakti Sosial di Tongkonan Galo’tok Awa’ Kalalembang, kelurahan Awa’ Tiromanda Kecamatan Makale Selatan, Senin (30/7).


Bakti sosial berupa pemeriksaan kesehatan gratis ini juga melibatkan Akper Rantepao serta SMK Lakipadada. Pemeriksaan kesehatan gratis yang dilakukan meliputi pemeriksaan darah, kadar gula, jantung dan lain sebagainya ini, menyentuh ratusan warga di kecamatan Makale Selatan.

Ketua Stikes Lakipadada, Alberthin Kala’lembang mengatakan Bakti Sosial digelar guna mendekatkan diri kepada masyarakat. Ia mengaku kegiatan ini baru pertama digelar diluar Kampus.

“Jadi ini sengaja kita lakukan diluar kampus sebagai pelayanan sekaligus mendekatkan diri kepada masyarakat,” ujar Alberthin.

Selain Bakti Sosial pada kesempatan itu pihak Stikes Lakipadada melakukan Capping Day atau pemasangan simbol bagi mahasiswi yang telah memenuhi syarat bisa praktek di Puskesmas dan Rumah Sakit.

Capping Day dilakukan kepada mahasiswi yang berjumlah sebanyak 163 orang yang terdiri dari Mahasiswi S1 Keperawatan, D3 Kebidanan, D3 keperawatan juga SMK Lakipadada jurusan Farmasi, TKJ dan Keperawatan.

Dijelaskan Alberthin 163 orang mahasiswi yang mengikuti Capping Day sebelumnya digodok selama setahun di Laboratorium yang kemudian dinyatakan lulus melalui ujian. Penggodokan mulai dari Pemasangan Elektrokardiogram (EKG), pemasangan infus, pemeriksaan jantung dan pemeriksaan ibu hamil.

“Mahasiswi menjalani persyaratan yang ketat. Untuk pasang infus minimal kita target 50 kali lalu kemudian diuji apa sudah layak atau tidak. Kini mereka telah siap praktek di rumah sakit dan Puskesmas,” jelas Alberthin.

Sebelum Baksos dan Mapping Day, kegiatan diawali dengan ibadah yang dipimpin Pendeta Semuel Manguling, sebagai syukur atas pencapaian D3 Keperawatan Akper Rantepao yang mendapat penilaian dari pusat Akreditasi B.

“Iya, syukur atas penilaian dari Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAM-PTKes). Akper Rantepao kini Akreditasi B,” ucap Alberthin.

Sementara itu Wakil Ketua Tim Pengerak PKK Tana Toraja, Nurliah D. Batara yang hadir mewakili Pemerintah mengapresiasi kegiatan yang dilakukan Stikes Lakipadada. Istri Wakil Bupati Tana Toraja itu bahkan  menyarankan agar kedepannya kegiatan tersebut dapat diperluas lagi.

“Kita sangat apresiasi dan berharap kegiatan positif dan kreatif ini bisa diperluas lagi kedepannya,” harap Nurliah. (Atj)


Advertisement
Advertisement
alterntif text
Advertisement

Facebook

Trending