torajadaily.com

Hukum & Kriminal

Sidang Ricuh, Kantor Pengadilan Negeri Makale Dibakar

TORAJADAILY.COM, MAKALE – Sidang perkara pencabulan dengan agenda pembacaan putusan di Pengadilan Negeri Makale Tana Toraja, berakhir ricuh. Puluhan massa mengamuk dengan membakar kantor pengadilan Negeri Makale.

Massa yang mengamuk ini adalah keluarga korban yang merasa tidak puas dengan keputusan Majelis Hakim yang memvonis terdakwa dengan hukuman penjara selama 10 tahun.

Massa yang sejak pagi menunggu hasil keputusan di depan kantor pengadilan dengan beringas mendobrak pintu dan masuk ruang persidangan dan melakukan pembakaran.

Beruntung, puluhan aparat yang berjaga dengan sigap dapat menjinakkan api sebelum membesar. Satu unit Mobil pemadam kebakaran yang diturunkan berhasil memadamkan titik api.

Kericuhan ini sontak membuat panik seluruh pegawai kantor yang berada di jalan poros Makale-Rantepao itu. Mereka berhamburan ke halaman kantor pengadilan.

Selain memadamkan api petugas juga berhasil mengamankan beberapa oknum pelaku yang terindikasi  sebagai provokator hingga terjadinya aksi kericuhan juga pembakaran.

Tunggu dulu, Peristiwa kericuhan dan pembakaran bukanlah sungguuhan.Ini hanyalah bagian dari latihan simulasi saja yang digelar Jajaran Pengadilan Negeri Makale, (Jumat 29/9/2017).

Simulasi digelar di halaman kantor pengadilan ini guna melatih kesiapan aparat saat melakukan pengamanan persidangan yang berpotensi menimbulkan kericuhan.

“Membekali para pegawai, agar nantinya bisa memahami dan mengambil langkah langkah jika diperhadapkan dengan peristiwa serupa itu tujuan dan target,” ujar Ika Kurniaty salah satu Staff Pengadilan Negeri Makale.

Simulasi ini melibatkan puluhan aparat kepolisian dari polres Tana Toraja juga petugas pemadam kebakaran kabupaten Tana Toraja. Simulasi ini juga menarik perhatian dari para poengguna jalan yang kebetulan lewat di depan kantor pengadilan. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top