torajadaily.com

Galery

Simbuang-Mappak Kini Miliki Peternakan Babi Modern

TORAJADAILY.COM, MAKALE – Kebutuhan Babi sangat tinggi di Toraja. Olehnya ternak Babi memiliki Nilai ekonomis tinggi di daerah patiwisata itu.

Tak heran jika tiap bulan tercatat ribuan ekor babi bisa habis dikonsumsi. Sayangnya, meski bernilai ekonomi tinggi, akan tetapi belum banyak masyarakat yang paham tentang bagaimana cara pengembangbiakan ternak babi yang baik.

Namun cerita berbeda akan kita jumpai jika berkunjung ke kecamatan Simbuang dan Mappak. Wilayah yang terletak di bagian Barat Tana Toraja ini sudah memulai kembangkan peternanakan Babi Modern.

Disini kita dapat melihat peternakan babi yang di kelola secara standar, mulai dari pakan ternak yang variatif, asupan Vitamin, pengembang biakan yang efektif serta kandang babi yang ramah lingkungan.

Peternakan ini adalah hasil tindak lanjut lawatan Gereja Toraja ke wilayah Simbuang – Mappak pada bulan Mei tahun 2017 silam. Dimana lawatan yang diadakan Komisi Pekabaran Injil (KPI) bersama Tim Teman Gereja Toraja ini mengharapkan adanya peningkatan ekonomi jemaat di Simbuang-Mappak

Diawali dengan mengirim 5 orang warga jemaat setempat guna cara belajar ternak babi secara modern di PT. Phok Phand, Sulawesi Utara.

“Pelatihan peternakan babi secara modern diharapkan dapat menjadi percontohan. Beternak Babi dalam waktu  singkat dan sederhana,” ujar

Ketua 1 Badan Pekerja Sinode (BPS) Alfred Anggui, Minggu, 3 Desember 2017.

“Program tersebut telah memasuki tahap pembangunan kandang dan penyiapan lahan  untuk menanam jagung dan kedelai, serta berbagai tanaman lainnya yang akan menjadi pakan ternak Babi,” jelas Alfred menambahkan.

Hadirnya peternakan babi moderen di Kecamatan Simbuang-Mappak ini menaruh harapan besar guna menumbuhkan pendaoatan ekonomi warga setempat. Diharapkan program ini dapat berjalan dengan baik dan berkelanjutan.

“Oleh sebab itu, semua pihak terkait diharapkan dapat bersinergi secara serius untuk melaksanakan program ini agar berjalan dengan baik,” pungkas Henry Palian, salah seorang tim teman Gereja Toraja. (Ima)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top