Connect with us
alterntif text

Peristiwa

Soal Hutan Mapongka Diklaim Warga Ini Kata John Rende Mangontan

Published

on


TODAY, MAKALE – Legislator Sulsel John Rende Mangontan (JRM) angkat bicara terkait kawasan hutan Mapongka, yang diklaim oleh oknum warga sebagai milik pribadi.

JRM menyarankan dalam situasi seperti itu perlu kembali melihat Rencana Umum Tata Ruang (RUTR) apakah Mapongka merupakan kawasan hutan atau tidak, yang dikaitkan dengan peta tata guna hutan.

Kawasan Hutan Mapongka Diklaim Warga, Kehutanan Diminta Tegas

Dia mengatakan kalau benar merupakan kawasan hutan berarti ada pelanggaran yang dilakukan oleh oknum wara tersebut. Sebab sudah menerobos hutan dan mencoba merubah fungsi dari kawasan hutan ke kawasan lainnya.

“Sehingga kalau ini terjadi perlu diselidiki ke Badan Pertanahan tentang kepemilikan (status) lahan. Kalau lahan tersebut masih kawasan hutan baru pihak BPN mengeluarkan sertifikat hak milik maka ada penyalahan wewenang dan perampasan tanah negara dan wajib diproses sesuai perundang undangan yang berlaku,” tegas Ketua Komisi D DPRD Provinsi Sulsel saat dimintai tanggapan, Jumat, 15 Mei 2020.


Kendati demikian, lanjut JRM kalau sudah berubah fungsi dari kawasan hutan ke kawasan penunjang dari Bandara Buntu Kuni’ sebaiknya ada kajian teknis dan lingkungan agar dampak negatif ke bandara nantinya bisa diperkecil.

Dia meminta instansi terkait untuk duduk bersama membicarakan hal tersebut. Jika ada unsur kesengajaan untuk mengalih fungsikan hutan tentu akan ada konsekuensi hukum.

Menurut Politis Golkar itu, adanya BBK yang rencananya akan diresmikan Presiden pada bulan Agustus mendatang mestinya sudah dipikirkan kajian teknis dan lingkungan di daerah sekitarnya.

“Saya takutnya kalau terjadi longsoran dan banjir di kawasan tersebut apalagi kalau kajian hidrologinya saat amdal bandara disusun masih berpedoman bahwa Mapongka masih kawasan hutan, maka saya yakin akan ribet dan masalah besar,” pungkasnya. (atj)

Advertisement
alterntif text
4 Comments

4 Comments

  1. ปั้มไลค์

    May 16, 2020 at 7:24 am

    Like!! Great article post.Really thank you! Really Cool.

  2. A big thank you for your article.

  3. Thanks so much for the blog post.

  4. jessi

    May 17, 2020 at 6:25 am

    Ayoo.. Kunjungi dan bergabung bersama Dupa88 titik net sarana Game online yang memberikan kenyamanan buat para maniac gamers.!! Bonus bonus yang menakjubkan selalu di persiapkan
    untuk teman teman yang ingin bergabung bersama kami, yuks.. jangan buang waktu segera buktikan kalau Dupa88 titik net paling best ya guys…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Trending